Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Harus Punya Ciri Khas, Ini Cara Membentuknya

Kompas.com - 15/04/2014, 11:08 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Perempuan punya banyak tantangan dengan berbagai peran yang dimilikinya. Untuk bisa kuat bertahan menghadapi berbagai tantangan itu, modal utamanya adalah karakter khas yang berkualitas.

Kimora Lee Simmons, model yang menjadi pengusaha mode, mengatakan, setiap perempuan harus punya trademark yang menjadi pembeda dirinya dengan perempuan lain.

"Setiap perempuan harus memiliki kualitas yang membuatnya unik dan menonjolkannya dalam setiap sisi hidupnya, mulai pekerjaan, gaya penampilan, kehidupan cinta, apa pun yang ia lakukan," tulis Kimora dalam bukunya Fabulosity.

Karenanya, jika Anda menemukan adanya perbedaan dalam diri Anda, dibandingkan kebanyakan perempuan di tempat kerja, dalam pergaulan, dan lainnya, jangan pernah merasa berbeda apalagi tak percaya diri.

Menurut Kimora, justru perbedaan itulah yang semestinya bisa menguatkan Anda sebagai perempuan berkarakter. Nah, jika Anda memiliki karakter yang sebagian besar perempuan punya, jangan ragu untuk membentuk karakter unik yang kuat menonjolkan kualitas diri Anda yang berbeda.

Berikut cara Kimora membentuk karakter unik untuk perempuan:

* Jangan ubah diri Anda untuk beradaptasi dengan status quo
Kesempatan itu bisa datang dari mana saja, jadi tak perlu membuang waktu terperangkap dalam satu keadaan. Jika keadaan membuat Anda harus mengubah diri atau menjadi orang lain yang tak Anda kenali, dan menjadi tak nyaman dibuatnya, cari peluang lain. Cari tempat atau orang-orang yang memberi dukungan kepada Anda. Anda hanya butuh orang dan lingkungan yang percaya pada kemampuan Anda. Temukan itu jika ingin potensi Anda membawa hasil baik untuk diri sendiri dan orang lain.

* Jangan bandingkan diri dengan orang lain
Apa pun bentuknya, fisik utamanya kecantikan, atau hal lainnya, tidak perlu dibandingkan. Apa yang Anda miliki tidak bisa orang lain miliki, begitu pun sebaliknya. Hargai apa yang Anda punya tanpa perlu berharap Anda bisa memiliki apa yang perempuan lain miliki.

* Bersikaplah seakan Anda adalah sebuah produk dan lakukan promosi terhadapnya
Anda harus punya integritas mengenai siapa diri Anda dan apa pun yang Anda lakukan. Jangan biarkan orang lain mempengaruhi Anda untuk melakukan berbagai hal yang mempertaruhkan integritas Anda.

* Percaya diri dengan keunikan Anda
Anda memiliki postur tubuh yang berbeda dengan lainnya, terlalu tinggi besar atau terlalu mungil misalnya. Apa pun itu, lakukan apa yang bisa menonjolkan siapa Anda. Tak perlu menutupi keunikan diri sendiri. Kalau Anda tinggi besar, bukan berarti Anda tak bisa pakai high heel. Kalau rambut keriting bukan berarti harus lurus agar tampil menarik.

* Terpikir operasi plastik? Pikirkan lagi
Jika operasi plastik muncul dalam pikiran, coba pikirkan lagi. Apa yang sebenarnya ingin Anda perbaiki? Bagian tubuh tertentu atau sebenarnya Anda memang perlu memperbaiki persepsi diri? Jangan sampai Anda menyesal melakukan operasi plastik karena ingin menjadi orang lain. Jika persepsi diri menjadi masalahnya, bukan berarti operasi plastik solusinya. Lagi-lagi, jangan bandingkan diri dengan orang lain dan hargai keunikan Anda.

Contoh saja supermodel Cindy Crawford. Ia tak menghilangkan tahi lalat yang menjadi ciri khasnya. Justru tahi lalat itulah yang membedakan dirinya dengan model lain, dan menjadi "nilai jual" tersendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com