Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adopsi Pola Asuh "Otoritatif" Saat Diskusi Internet

Kompas.com - 15/04/2014, 12:11 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Usia berapa Anak Anda mulai mengenal perangkat elektronik dan internet? Tak perlu menunggu usia sekolah, banyak anak yang baru saja melewati masa balita sudah mengerti cara menggunakan internet, YouTube misalnya. Tak heran jika kemudian orangtua merasa khawatir dan berusaha mencegah anak terpapar informasi yang tak baik untuk anak, dari internet.

Karenanya, penting bagi orangtua untuk berdiskusi mengenai penggunaan internet dengan anak. Namun, diskusi seperti apa yang efektif dan memberi hasil sesuai harapan bersama?

Dalam bukunya, Parenting di Dunia Digital, Andri Priyatna, menuliskan, salah satu cara berdiskusi mengenai penggunaan internet dengan anak adalah dengan mengadopsi gaya parentingf "otoritatif".

"Terapkan aturan tegas dan konsisten, disertai harapan-harapan yang kita inginkan untuk perilaku anak. Tetapi kita harus melakukan semuanya dengan cara elegan dan penuh cinta," tuturnya.

Andri mengatakan, orangtua perlu terbuka terhadap masukan anak dan menyimak dengan baik setiap ide yang mereka lontarkan.

Gaya parenting "otoritatif" dapat dilakukan dengan menerapkan model "TALK"" yakni Trust (kepercayaan), Assess (penilaian), Learn (belajar), dan komunikasi.

Trust
Orangtua harus meminimalisasi penggunaan strategi "licik" saat memeriksa perilaku anak. Jangan berdalih teknologi, orangtua lantas membatasi opsi anak dalam berinternet.

Anak generasi internet sangat melek teknologi. Mereka bisa saja "mengakali" aturan orangtuanya. Karenanya, langkah terbaik adalah dengan berdiskusi langsung tentang materi apa yang perlu Anda filter dari internet, dan bersama anak mencari solusi bersama cara menyaring informasi dari internet.

Assess
Perhatikan teknologi apa yang biasa digunakan anak. Dampingi anak saat menggunakannya, bahkan Anda bisa menggunakan momen ini untuk memelajari hal baru atau sekadar meluangkan waktu bersama dengan anak.

Learn
Berpartisipasi lah dalam teknologi yang biasa digunakan anak. Minta anak menunjukkan website kesukaan mereka. Sebaliknya, libatkan anak saat Anda membuat blog atau lainnya. Orangtua perlu turut merasakan apa yang biasa anak-anak lakukan dalam menggunakan internet. Bisa jadi, Anda justru terbantu mengidentifikasi masalah dari kebiasaan tersebut.

Komunikasi
Luangkan waktu setidaknya dua atau tiga kali seminggu untuk berbincang dengan anak tentang suatu topik termasuk internet. Cobalah bersikap lebih banyak menyimak bukan memarahi atau memerintah.
 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com