Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2014, 15:57 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Beras, ketan hitam, dan kacang hijau punya banyak khasiat untuk perawatan kulit. Apalagi jika sudah diolah menggunakan kecanggihan teknologi, dan bertransformasi menjadi produk kecantikan yang praktis dipakai sehari-hari.

Berikut jenis beras dan khasiatnya untuk perawatan kulit, selain ketan hitam dan kacang hijau yang juga punya banyak manfaat.

Beras putih
Mengandung kolagen, vitamin E, vitamin B kompleks, serta mineral yang dapat membantu melembabkan kulit. Beras putih juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang berpengaruh terhadap peningkatan elastisitas kulit.

Zat oryzanol pada beras juga dapat membantu memperbarui pigmen melanin dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari sehingga dapat membantu mencerahkan kulit.

Beras merah
Mempunyai kandungan vitamin B1, B6, B12 yang dikenal manfaatnya sebagai pendorong pembentukan energi sel bagai tubuh manusia. Zat lain yang terkandung dalam beras merah adalah magnesium, selenium dan mineral, serta antosianin yang termasuk senyawa fenolik flavonoid, yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

Ketan hitam
Mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi dan vitamin yang lebih beragam dibandingkan beras putih dan beras merah. Ketan hitam dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit karena kandungan antioksidan tinggi.

Kacang hijau
Mengandung protein tinggi, berbagai mineral, vitamin E, vitamin B1, Vitamin B2 serta asam lemak esensial yang dapat membantu menjaga kekencangan kulit, merawat kehalusan kulit, dan merawat kulit berjerawat. Kacang hijau juga memiliki fungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu memperlambat penuaan dini.

Sumber: Martha Tilaar Innovation Centre

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com