Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aturan Mengaplikasikan Tren Tabrak Motif dan Warna

Kompas.com - 17/04/2014, 17:21 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com -
Tak dimungkiri, bahwa kesalahan berbusana bisa mengakibatkan “aib” sosial yang memalukan. Namun, sebenarnya mode bukanlah sesuatu yang kaku, karena pada dasarnya mode adalah bagian lain dari seni yang membutuhkan kebebasan kreativitas.

Seiring waktu, perkembangan tren telah berevolusi dan tak lagi dikendalikan oleh industri. Tengok saja, banyak sekali tren yang berkembang dari gaya berbusana anak muda yang hidup di jalanan, ada pula yang berasal dari modifikasi tradisi dengan sentuhan modern, dan yang sekarang tengah digemari adalah busana tabrak motif dan warna!

Uraian berikut ini merupakan panduan untuk mengaplikasikan konsep busana “main tabrak” yang meskipun melanggar aturan, tetapi tidak membuat Anda terlihat aneh dan memalukan.  

1. Sesuaikan warna dan bukan motifnya
Agar tidak terlihat seperti salah kostum, kunci utama menerapkan tren tabrak warna adalah menyesuaikan warna busana, bukan motif!

Pasalnya, warna yang senada meski menonjolkan motif yang berbeda, masih menghasilkan padu padan yang selaras di mata. Apabila pilihan busana yang akan Anda kenakan terdiri dari beberapa varian warna, maka sesuaikan dengan rona yang paling dominan.

Sebenarnya, warna yang paling menghasilkan estetika berbusana terbaik tidak harus selalu sama. Sebab, tipe warna berlainan pun bisa menjadi paduan yang memikat, seperti misalnya hijau tua dan kuning, merah muda dan biru, atau merah muda dan ungu. Jika ingin bermain aman, hitam dan putih adalah paduan yang paling sempurna untuk semua pasangan warna.

2. Semakin sederhana motif maka semakin mudah dipadukan
Salah satu motif yang paling sederhana dan paling mudah dipadukan dengan beragam gaya adalah motif garis-garis hitam dan putih.  Apabila ingin tampilan yang lebih sempurna, pilihlah busana dengan motif yang sederhana.

Apabila Anda ingin sedikit tantangan dan bereksperimen, Anda bisa mencoba menabrakkan motif bunga dan hewan yang memang tergolong sulit untuk dipadukan. Caranya, cocokan warna antara busana atasan dan rok atau celana, selama perpaduan warna selaras, jangan khawatir penampilan Anda akan tampil maksimal.  

3.  Sebarkan motif ke seluruh pakaian
Memadukan gaya tabrak warna dan motif akan tetap proporsional, asalkan coraknya merata ke seluruh bagian busana. Intinya jangan menumpuk banyak motif di satu sisi saja, sebab bisa membuat penampilan tidak seimbang.

Namun, ketika Anda ingin mengenakan tiga jenis busana dalam satu tampilan, pastikan salah satunya tidak bermotif alias polos,  misalnya tanktop bermotif dipadukan dengan celana bermotif, maka jaket atau blazer tidak perlu menonjolkan motif.

4. Sempurnakan penampilan dengan warna solid
Busana, yang dipadukan dengan varian motif dan warna, akan semakin bergaya dengan kehadiran aksesori sebagai “suplemen” penampilan. Namun, pastikan warna aksesoris menonjolkan rona solid yang senada dengan salah satu busana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com