Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Fokus Kerja Tanpa Tertinggal Berita Sekitar

Kompas.com - 22/04/2014, 09:22 WIB
KOMPAS.com - Saat konsentrasi kita tercurah pada pekerjaan, tiba-tiba datang teman dari meja sebelah mengajak ngobrol. Pasti tanpa permisi lagi ide dan konsentrasi kita langsung buyar. Untuk mengatasinya, kita perlu berguru kepada pengarang buku terkenal, John Naisbitt, yang mengemukakan konsep high-tech/high-touch.

Menurut Naisbitt, semakin banyak seseorang terlibat aktivitas yang bersifat high-tech maka semakin banyak dibutuhkan interaksi yang bersifat high-touch. Dengan begitu, kita akan mampu menyelesaikan dua hal, pekerjaan dan tidak tertinggal gosip/berita terkini tentang perkembangan dunia sekitar. Yang perlu Anda perhatikan adalah:

1. Cermati jam biologis
Kalau sudah merasa leher kaku, mata mulai mengalami keletihan, sakit kepala atau punggung terasa pegal, ini adalah gejala-gejala yang timbul  karena kejenuhan berada di depan komputer dalam waktu lama. Yang perlu di lakukan adalah lemaskan kaki dengan berjalan mengelilingi ruangan kerja atau ke ruang rekan anda, atau sekedar untuk berbincang-bincang dengan teman kantor.

2. Jadwalkan high-tech dan high-touch
Jika hari ini Anda berencana mengerjakan tugas dari bos dan harus duduk seharian di depan komputer seharian, jangan lupa juga membuat rencana untuk menghabiskan waktu istirahat dengan teman sekantor. Catat kegiatan tersebut selama beberapa waktu, dan cari waktu rata-rata berapa lama Anda dapat tahan bekerja sebelum beristirahat. Jangan lupa tentukan juga berapa lama waktu istirahat yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan high-touch ini.

3. Interupsi Obrolan
Bicara dengan jujur pada teman kerja yang mengajak ngobrol tiada henti itu. Bicaralah dengan baik-baik bahwa saat ini Anda mulai terganggu olehnya. Dengan begitu, dia akan mengerti. Sadarilah bahwa gangguan teman itu merupakan salah satu cara dia untuk memenuhi kebutuhan high-touch-nya. Jangan lupa kalau hal itu ada batasnya. Jadi, jangan sampai pekerjaan Anda terbengkalai karena keinginan high-touch teman. Tetap prioritaskan pekerjaan.

(CHIC/Vivi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com