Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WCC Award, Pengakuan Dunia untuk Kerajinan yang Layak "Naik Kelas"

Kompas.com - 22/04/2014, 14:37 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak potensi perajin dan kerajinan tangan dari berbagai kategori. Tak sedikit kerajinan nusantara dari logam, kayu, serat, tekstil yang mendapat pengakuan internasional dan punya pelanggan setia di berbagai negara. Namun belum lengkap jika perajin atau kerajinan tangan mendapatkan pengakuan berupa penghargaan World Crafts Council (WCC) Award of Excellence for Handicrafts.

WCC Award sebagai penghargaan bergengsi tingkat internasional yang untuk kali pertama berlangsung di Indonesia. Penghargaan ini merupakan kelanjutan dari UNESCO Award of Excellence for Handicraft. UNESCO Award berlangsung sejak 2001 hingga 2013. Pada 2014, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan menjadi tuan rumah penjurian WCC Award.

Ajang penghargaan ini akan diikuti oleh produk kerajinan dari negara di tiga subregional, yaitu Wilayaj Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Pasific.

"Penjurian kerajinan tidak banyak di Indonesia. WCC Award ini mengacu kepada UNESCO. Melalui WCC Award perajin bisa mengukur kualitas kerajinannya, dengan adanya kompetisi, selain melalui pameran. Ini menjadi cara untuk perajin agar naik kelas," kata Okke Hatta Rajasa, Ketua Harian Dekranas, di sela peluncuran WCC Award di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (22/4/2014).

Menurut Okke perajin akan sulit naik kelas kalau tidak lolos quality control. Ajang penghargaan yang melibatkan banyak pihak, dalam dan luar negeri, akan membantu perajin untuk meningkatkan kualitas kerajinannya.

Okke mengatakan, tim penilai akan melakukan kurasi kepada perajin yang mendaftarkan diri sebagai peserta WCC Award. Kurasi inilah yang menentukan seberapa baik kualitas perajin dan kerajinannya.

"Kami akan melakukan seleksi dari formulir yang diisi peserta, apakah layak atau tidak. Individu boleh mendaftar. Nanti melalui program Dekranas kami akan sosialisasikan kriteria yang bisa lolos kurasi agar imej kerajinan Indonesia tidak menurun," kata Hesti Indah Kresnarini, Koordinator Bidang Pameran dan Kerjasama Luar Negeri Dekranas, yang juga mewakili Sekretariat WCC Award 2014.

Selain menyasar peserta individual, Dekranas juga menyertakan perajin yang menerima penghargaan Dekranas Award 2013 dan Inacraft Award 2013 dan 2014, untuk berkompetisi dengan perajin dari negara lain di WCC Award.

Penjurian WCC Award akan berlangsung 18-22 Agustus 2014 di Kantor Kementerian Perdagangan. Pengumuman penghargaan rencananya berlangsung 1 September 2014. Dewan juri terdiri dari enam pakar dari berbagai negara dan satu pakar dari Indonesia, di bidang kerajinan, desain, pemasaran.

Pemenang WCC Award berkesempatan "naik kelas" karena akan diikutsertakan di pameran internasional, salah satunya di Dongyang, Republik Rakyat Tiongkok, pada peringatan 50 tahun WCC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com