Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2014, 16:58 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para pemula, memasak adalah kegiatan mengasyikkan yang penuh tantangan. Mengolah berbagai bahan makanan menjadi suatu hidangan bercitarasa merupakan pencapaian tersendiri bagi perempuan modern.

Pengalaman memasak bagi yang belum berpengalaman tentu tak luput dari “kecelakaan” kecil seperti terlalu banyak menggunakan cabai, saus, dan sebagainya. Akhirnya, rasa makanan jadi terlalu pedas!

Apabila Anda mengalami kejadian serupa, jangan langsung panik. Selalu ada jalan keluar untuk memperbaiki kesalahan Anda. Simak solusi mudah berikut, seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini:

Menyeimbangan rasa pedas dengan sayuran

Rasa terlalu pedas pada masakan bisa diredam dengan menambahkan sayuran, karena kandungan gula dalam sayuran bisa menyerap rasa pedas sehingga tercipta keseimbangan rasa pada hidangan Anda.

Meredakan rasa pedas dengan rasa asam

Perasan jus lemon, cuka, dan potongan nanas mampu meredam rasa pedas pada masakan. Selain itu, rasa asam membuat masakan jadi terasa lebih segar dan nikmat.

Meredakan rasa pedas dengan rasa manis

Campurkan gula dan madu pada masakan Anda yang terlalu pedas agar tidak terlalu “membakar” lidah saat dicicipi. Namun, takaran gula dan madu yang Anda imbuhkan pada masakan harus seimbang, agar masakan yang memang seharusnya pedas malah beralih terlalu manis.

Menetralisir rasa pedas dengan air kaldu

Air kaldu dapat menyamarkan rasa pedas pada masakan, tetapi jangan menambahkannya secara berlebihan karena dapat mengakibatkan rasa masakan berubah hambar. Namun, meskipun begitu, Anda dapat mengembalikan citrasa makanan dengan menambahkan garam atau bumbu lain yang memiliki khasiat menetralkan rasa.

Untuk informasi teknik dan tip memasak untuk pemula, Anda bisa mengunjungi situs. www.fiestaseafood.com/sealicious

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com