Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keberhasilan "Makeup" Bergantung pada Riasan Mata

Kompas.com - 24/04/2014, 18:02 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Ingin tampil menarik dengan makeup? Pastikan Anda mampu menciptakan riasan mata dengan baik. Pasalnya, riasan mata punya pengaruh besar terhadap keberhasilan tata rias wajah.

Marlene Hariman, penata rias ternama Indonesia mengatakan, riasan mata merupakan bagian tersulit dari aplikasi tata rias. Menurutnya, 70 persen keberhasilan tata rias bergantung pada hasil riasan mata.

Ia mengatakan riasan mata, utamanya pemulas mata, dapat menentukan seberapa alami, dramatis atau menyeramkan tampilan seseorang.

“Riasan mata seperti pemulas mata biasa digunakan agar mata terlihat menonjol dan lebih menarik,” tutur Marlene yang berpengalaman merias untuk berbagai kegiatan seperti pernikahan, fashion show, pemotretan untuk majalah, iklan hingga klip video.  

Pemulas mata, kata Marlene, dapat digunakan untuk menambah kedalaman dan dimensi mata seseorang, menyempurnakan warna mata, atau untuk menarik perhatian.

Salah satu jenis riasan mata ini memiliki berbagai macam warna dan tekstur yang biasanya terbuat dari bedak dan mika, tetapi juga dapat ditemukan dalam bentuk cair, pensil, atau mousse.

Selain pemulas mata, jenis utama riasan mata adalah maskara dan eye liner.

Maskara umumnya digunakan untuk menggelapkan, mewarnai, menebalkan, memanjangkan atau mempertegas bulu mata. Awalnya maskara berwarna hitam, tapi sekarang hadir dalam berbagai warna. Selain itu, terdapat tiga jenis bentuk maskara: Cair, balok, dan krim. Maskara juga tersedia dalam bentuk tabung dengan kuas khusus sebagai aplikator.

Sedangkan eye liner adalah kosmetika yang digunakan untuk mempertegas mata. Eye liner diaplikasikan di sepanjang tepi kelopak mata bagian atas dan bawah, tempat tumbuhnya bulu mata. Seringkali hanya diaplikasikan pada bagian luar mata.

Eye liner dapat diaplikasikan dengan beberapa cara, tergantung teksturnya. Di pasaran ada beberapa jenis eye liner, antara lain: eye liner cair, pensil mata berbahan dasar bubuk dalam bentuk pensil kayu, pensil mata berbahan dasar lilin.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com