Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2014, 12:11 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Mencari nama bayi tak selalu mudah bagi sebagian orangtua. Lihat saja di toko buku, begitu banyak panduan memilih nama bayi, baik untuk laki-laki atau perempuan. Rupanya buku tak selalu menjadi referensi. Di era teknologi canggih, internet menjadi andalan dalam menemukan sebuah nama untuk calon bayi, bukan sekadar browsing tapi menjaring pendapat dari dunia maya.

Seorang calon ayah, Stephen McLaughlin memilih untuk menciptakan website NameMyDaughter.com sebagai caranya mencari nama terbaik. Ia memberikan kepercayaan kepada orang asing untuk menyumbang suara memberi nama anaknya.

Pada 7 April 2014, ia dan istrinya, Alysha, mengumumkan nama putrinya Amelia Savannah Joy McLaughlin.

Amelia adalah nama yang pasangan ini dapati dari jajak pendapat di internet lewat website tersebut. Sebenarnya Amelia bukan suara terbanyak dari hasil jajak pendapat. Nama Amelia ada di urutan kedua. Situs buatan orangtua Amelia tersebut berhasil menjaring 150.000 pemilih.

Menurut Stephen, sebagian besar pemilih maya tersebut menghargai caranya dengan memberikan rekomendasi nama anak yang baik. Meski ada beberapa nama yang tidak tradisional seperti Megatron, Zelda, Streetlamp. Ada pula yang mengajukan nama tak layak dan pasangan ini harus menghapusnya dari daftar.

"Hanya sedikit nama yang harus kami hapus. Nama-nama itu berhubungan dengan posisi seksual pasangan dan penyakit menular seksual," katanya.

Anda berani mengumpulkan calon nama bayi dari pendapat orang asing seperti cara Stephen ini? Bersiaplah dengan daftar nama di luar dugaan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com