Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Mata Tak Bermasalah Akibat Kesalahan Riasan

Kompas.com - 25/04/2014, 14:07 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Penampilan Anda bisa berubah drastis hanya dengan mengaplikasikan makeup terutama riasan mata. Meski begitu, keinginan tampil menarik jangan sampai merugikan diri sendiri akibat masalah mata.

Produk riasan mata seperti krim/gel, eyeliner, pemulas mata, maskara, juga wadah dan kuas aplikator dapat menyebabkan penumpukan kuman dan bakteri yang masuk ke dalam kulit dan mata. Hal ini juga bisa menyebabkan gatal, jerawat, iritasi mata, bahkan infeksi yang sebenarnya bisa dihindari.

Berikut kiat untuk menghindari berbagai masalah mata akibat aplikasi makeup.

* Segera hentikan penggunaan riasan
Jika produk riasan mata menyebabkan iritasi, segera hentikan penggunaan. Ini merupakan indikasi mata tidak cocok dengan produk tersebut. Jika iritasi berlanjut, hubungi dokter.

* Apakah mata Anda siap?
Hindari penggunaan riasan mata jika terjadi infeksi atau bengkak di sekitar kulit mata. Tunggu hingga sembuh total. Singkirkan semua produk riasan mata yang digunakan ketika infeksi terjadi.

* Pastikan riasan bersih
Gunakan cotton bud yang bersih untuk menyapu bulu mata yang masuk ke mata. Selain itu, pastikan wadah produk riasan bersih dan aman dari kontaminasi debu dan kotoran.

* Cuci tangan dengan sabun
Waspadai bakteri di tangan. Menyentuh mata dengan tangan kotor bisa menyebabkan infeksi. Cuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air bersih sebelum mengaplikasikan riasan mata.

* Tidak bertukar kosmetik
Terkadang, tidak berbagi bukan berarti tidak perduli. Jangan berbagi kosmetik atau kuas dan bantalan spons. Bakteri dari orang lain bisa berbahaya.

* Air dan riasan bukan teman baik
Buang maskara yang sudah mengering dan jangan tambahkan air liur atau air untuk melembabkannya. Bakteri dari mulut bisa berkembang biak di maskara dan menyebabkan infeksi. Menambahkan air dapat mendatangkan bakteri baru dan merusak zat pengawet yang bertujuan melindungi produk riasan dari pertumbuhan bakteri.

* Simpan dengan benar
Jangan gunakan wadah bekas yang tidak bersih untuk menyimpan produk riasan mata. Selain itu, jangan letakkan kosmetik di tempat bersuhu di atas 29 derajat Celcius atau meninggalkannya di mobil dalam waktu lama. Suhu panas bisa merusak zat pengawet di kosmetik.

Sumber: Shinagawa Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com