Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Berprasangka, Kenali Tanda Orang yang Merasa Dirinya Paling Benar

Kompas.com - 28/04/2014, 10:30 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Terganggu dengan orang terdekat atau di lingkungan kerja yang sikapnya menunjukkan seakan dirinya paling benar? Jangan buru-buru memberikan penilaian, bisa jadi itu hanya prasangka Anda. Kenali dulu apakah Anda menemukan tanda-tanda ini dalam dirinya sebelum menganggapnya demikian.

Menurut Leadership Coach & Motivator, Ainy Fauziyah, berikut tanda-tanda orang yang merasa dirinya paling benar:

‎1. Setiap kali ada permasalahan selalu menyalahkan orang lain atau keadaan, bukannya bertanya, apa yang sebenarnya harus saya perbaiki dari diri saya dan tim saya.
2. Cenderung defensif ketika orang lain memberi masukan atau berseberangan pendapat darinya.
3. Cenderung merasa dirinya sudah melakukan yang terbaik, sementara melihat orang lain ia cenderung melihat kekurangannya saja, bukannya dua sisi, yaitu kekurangannya dan kelebihannya.
4. Menuntut orang lain melakukan "apa kata dia" tanpa berusaha untuk membicarakannya dahulu serta tanpa ada rasa peduli apakah orang lain pada kondisi saat itu bisa melakukannya atau tidak.
‎5. Selalu membicarakan kekurangan orang lain, timnya, rekan kerjanya, atasannya, mitra kerjanya, dan bukannya bicara secara simbang dari sisi kelebihannya juga.

"Saat seseorang merasa paling benar, sudah waktunya instropeksi diri sehingga bisa menjauhkan diri dari keegoisan hati sekaligus kesombongan," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com