Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2014, 13:15 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com – Setiap perempuan mengalami kondisi tubuh yang tidak sama saat mengandung. Bahkan tak sedikit wanita yang jadi malas beraktivitas ketika hamil. Padahal, malas bergerak menyebabkan peningkatan berat badan dan berdampak negatif pada kandungan.

Apabila Anda menginginkan masa mengandung yang nyaman dan proses bersalin yang mudah, maka terlalu banyak beristirahat bukan solusi yang tepat. Sebab, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Vermont mengatakan bahwa ibu hamil yang aktif dan sering menggerakkan tubuh bisa melewati proses bersalin kurang dari tiga jam.

Aktif dan rajin melakukan senam hamil kala mengandung membuat otot kuat, sehingga stamina saat waktu bersalin tiba lebih prima. Selain itu, seperti dikutip dari Time, para ibu hamil disarankan untuk menjaga tubuh berada dalam kondisi tegak. Tujuannya, menciptakan gaya gravitasi dalam kandungan agar kepala bayi dapat menekan leher rahim untuk cepat terbuka.

Hasil penelitian merincikan bahwa ibu hamil yang berolahraga dua hingga tiga kali seminggu selama 15 menit, ditemukan lebih mudah melalui tahapan melahirkan dibandingkan yang hanya menghabiskan waktu dengan tidur dan duduk bersandar di sofa. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com