Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Aman Pakai Pembersih Buah dan Sayur Buatan Sendiri

Kompas.com - 29/04/2014, 13:21 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sayuran dan buah organik sekali pun bukanlah jaminan kalau bahan makanan ini benar-benar bebas pestisida dan kuman di permukaannya. Masalahnya, mencuci sayur dan buah dengan air mengalir tak lantas menghilangkan lapisan lilin, kuman, debu, dan pestisida.

Kunci untuk membersihkan semua kotoran yang menempel di bahan makanan ini adalah menggunakan pembersih gabungan dari cuka dan air jeruk lemon. Di pasaran, mungkin sudah ada pembersih sayuran dan buah yang beredar. Tapi kalau masih khawatir dengan keamanannya, Anda bisa kok membuat cairan pembersih buah yang aman dan natural sendiri di rumah.

Bahan:
1/4 cup air
1/4 cup cuka
1/4 air perasan jeruk lemon
Botol spray 8 oz
Gelas ukur
Kain lap
Air dingin untuk mencuci

Cara membuat:
1. Campur air, cuka, dan air perasan jeruk lemon ke dalam gelas ukur. Aduk rata.
2. Masukkan ke dalam botol spray. Kocok-kocok agar semua cairannya menyatu.
3. Semprotkan cairan ini secara merata ke buah dan sayur. Kemudian gunakan kain lap bersih untuk mengelap bahan-bahan tersebut sampai bersih. Hati-hati, jangan menggosoknya terlalu keras.
4. Bilas dengan menggunakan air dingin, dan sajikan sesuai dengan keinginan Anda (dipotong-potong langsung dimakan atau dimasak).
5. Setelah selesai digunakan, simpan cairan pembersih buatan sendiri di dalam lemari es. Di dalam lemari es, cairan ini bisa bertahan sampai satu bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com