Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2014, 15:26 WIB
KOMPAS.com - Selain memastikan bayi dalam kondisi sehat, orangtua perlu mempertimbangkan hal lainnya sebelum mengajak bayi naik pesawat untuk bepergian. Berikut penjelasan spesialis anak Satyawati, dari RS Azra Bogor.

Idealnya enam bulan
Bila kondisi bayi sehat, maka pastikan usianya sudah tepat, yaitu sudah masuk empat bulan. Mengapa? Karena pada usia tersebut, daya tahan tubuh bayi sudah berfungsi, meskipun belum maksimal.

Selain itu juga, pertumbuhan bayi sudah optimal dan si bayi pun mampu menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Memang sih idealnya, bayi diajak bepergian ketika sudah enam bulan karena daya tahan tubuhnya sudah terbentuk dengan baik.

Surat keterangan sehat
Bila usia bayi sudah empat bulan dan berencana naik pesawat, selanjutnya yang perlu orangtua lakukan adalah memeriksakan kesehatan si bayi terlebih dahulu.

Upayakan pemeriksaan dilakukan tiga hari sebelumnya, meski sebenarnya tidak ada aturan baku waktu yang tepat melakukan pemeriksaan. Mintalah surat keterangan sehat dari dokter dan surat izin untuk bayi dibawa naik pesawat.

Tempat duduk
Saat memesan tiket penerbangan, mintalah tempat duduk di bagian depan pesawat untuk mengurangi suara bising dari mesin pesawat dan pilih tempat duduk yang di gang agar lebih mudah keluar masuk.

Pastikan nyaman
Sebelum pesawat mengudara, tutuplah kedua lubang telinga bayi dengan kapas yang lembut untuk mengurangi kebisingan suara mesin pesawat saat berada di dalam pesawat. Selanjutnya, susui bayi saat pesawat lepas landas dan mendarat, untuk mengurangi sakit di telinga.  Bepergian naik pesawat bersama bayi pun menjadi menyenangkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com