Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Usia 30-an Pilih Wewangian yang Bikin "Pede"

Kompas.com - 11/05/2014, 15:52 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Baru-baru ini, brand tersohor di industri parfum, Elizabeth Arden, yang dibantu oleh psikolog khusus aroma, Rachel Herz, melakukan penelitian untuk memahami hubungan antara aroma dengan persepsi, emosi, memori, dan kemampuan kognitif (kemampuan berpikir) seseorang, terutama kaum perempuan.

Rachel melakukan penelitian dengan melibatkan responden sejumlah perempuan dari berbagai rentang usia. Hasil akhirnya menyimpulkan bahwa usia seseorang memengaruhi pilihan parfum mereka.

"Pilihan aroma parfum sebenarnya mirip dengan memilih baju. Semua perempuan memilih parfum karena adanya aroma favorit mereka, tapi tetap ada pengaruh eksternal lain saat memilih aroma ini, salah satunya usia," kata Herz. 

Berikut aroma-aroma parfum yang berhasil dirangkum berdasarkan fase usia perempuan:

1.Usia 20-an
Studi Herz membuktikan bahwa perempuan usia 20-an sangat mudah terpengaruh oleh iklan di televisi dan majalah. Mereka cenderung memilih label parfum yang dibintangi oleh selebriti yang sedang naik daun. Seperti yang terjadi pada label Balenciaga Rosabotanica yang sukses menjadi parfum favorit di kalangan perempuan muda karena menggunakan model Kristen Stewart, pemeran Bella dalam Twilight Saga.

2. Usia 30-an
Menurut Herz, perempuan berusia 30-an menyukai wewangian yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam segala hal. Aroma campuran dari lada merah, bergamot, melati, dan aroma bunga lainnya membuat kaum perempuan 30-an merasa tenang dan tersenyum sepanjang hari. Contoh parfum yang bisa jadi pilihan adalah Elizabeth Arden Untold.

3. Usia 40-an
Perempuan di usia 40-an ternyata lebih mengandalkan selera orang lain dalam memilih parfum. Salah satu brand parfum yang digemari perempuan di usia matang ini adalah Tom Ford Black Orchid, aromanya yang unik mencuri perhatian mereka. Selain itu, memungkinkan mereka untuk berbagi parfum dengan suami.


4. Usia 50-an
Saat menginjak fase usia ini, umumnya perempuan ingin menapaki kembali wewangian favorit di masa-masa muda dahulu. Di samping itu, mereka lebih mengandalkan insting saat memilih parfum. Beberapa aroma yang cocok untuk perempuan 50-an adalah aroma jeruk, jahe, dan kayu cedar.

Beberapa jenis aroma parfum tersebut bisa membantu meningkatkan semangat dan menyebarkan kehangatan. Parfum yang direkomendasikan adalah Paradise Nest Fragrances.

5. Usia 60-an
Di usia 60-an, perempuan lebih setia dengan parfum, mereka tak lagi bersemangat untuk mengeksplorasi aroma-aroma terbaru yang tengah beredar. Salah satu jenis parfum yang digemari perempuan lanjut usia adalah yang memiiki aroma yang "matang" dan hangat, seperti Chanel No 5 Eau Premiere.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com