Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Salad Pasta atau Salad Kentang untuk Diet?

Kompas.com - 16/05/2014, 17:15 WIB
Wardah Fajri

Penulis

Sumber eatingwell

KOMPAS.com - Salad menjadi pilihan santapan bagi mereka yang sedang diet. Pilihan salad pun beragam sehingga santapan lebih bervariasi setiap harinya. Meski begitu hati-hati pilih salad karena kandungan kalorinya bisa jadi tinggi.

Jika diberi pilihan salad pasta atau salad kentang, mana yang sebaiknya dipilih untuk diet? Pakar diet Kerri-Ann Jennings, memberikan penjelasan.

Salad pasta, kata Jennings, satu cangkir saja mengandung 450 kalori. Di dalamnya terkandung lemak 18 gram, lemak jenuh tiga gram. Jumlah lemak tersebut mencapai 27 persen dan 19 persen dari batasan lemak perharinya untuk diet 2.000 kalori. Salad pasta memang mengandung sayuran, mungkin seperempat cangkir, tapi sayuran ini terkalahkan oleh pasta apalagi jika ditambah mayonaise.

Jadi, Jennings mengatakan, salad pasta kurang tepat jika tujuannya adalah diet kalori.

Bagaimana dengan salad kentang? Satu cangkir salad kentang mengandung 360 kalori. Meski kandungan lemaknya sama dengan salad pasta, namun salad kentang mengandung lebih banyak sayuran. Kentang itu sendiri kaya nutrisi, mengandung potasium dan vitamin C serta kaya serat juga protein.

Dengan begitu, kalau dihadapkan pada dua pilihan ini sebaiknya konsumsi salad kentang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber eatingwell
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com