Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2014, 07:05 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com — Paparan radikal bebas tidak hanya menyebabkan Anda lebih rentan terserang penyakit, tetapi juga bisa mengakibatkan penuaan dini. Salah satu sumber radikal bebas yang paling merugikan untuk tampilan kulit adalah polusi.

Seperti dikutip dari webmd.com, dibandingkan sinar matahari dan asap rokok, ternyata polusi lingkungan dua kali lipat lebih ampuh menimbulkan keriput dan warna kusam pada kulit. Nah, sebagai seorang wanita karier yang aktif dan sering menghabiskan aktivitas di luar ruangan, pastinya kulit lebih mudah terekspos dengan polusi yang tersebar tanpa batas.

Selain dapat membuat napas menjadi sesak, polusi udara juga merangsang peningkatan jumlah radikal bebas yang bisa mengurangi kandungan oksigen pada sel-sel kulit. Menurut kajian yang dilaporkan oleh Times of India, asap kendaraan bermotor mengandung zat hidrokarbon, yang jika terhirup bisa menyebabkan kulit wajah jadi kusam dan mengakibatkan penuaan dini.

Jadi, bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan dan dalam keseharian menggunakan transportasi umum, Anda harus merawat kulit wajah dengan perlindungan ekstra. Pasalnya, kombinasi radikal bebas dan sinar ultraviolet menyebabkan elastisitas kulit wajah terus menurun karena produksi kolagen semakin berkurang. Alhasil, kualitas kulit wajah terus memburuk, tidak segar, kusam, lusuh, dan muncul garis-garis keriput di sekitar mata serta pelipis.

Salah satu bentuk perawatan dan perlindungan kulit yang mudah dan praktis adalah rajin membersihkan wajah secara merata. Selain itu, Anda juga harus cerdas dalam memilih jenis pembersih wajah yang tepat dan kaya manfaat dalam mencerahkan kulit wajah. Pilihlah yang memiliki kandungan karbon aktif yang ampuh mengangkat polutan dari pori-pori terdalam kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com