Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2014, 10:27 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Maya Angelou, perempuan penulis buku, puisi, aktivis hak asasi manusia, penari, editor majalah di Kairo, orangtua tunggal merupakan sosok inspiratif bagi perempuan di seluruh dunia.

Kaum perempuan bisa belajar banyak dari Maya yang pernah bekerja dengan Dr Martin Luther King Jr, menulis puisi untuk inagurasi Presiden Bill Clinton pada 1993, ini. Penulis tujuh buku autobiografi ini juga pernah menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom ada 2011. Buku tentang dirinya terbit pada 1969, berjudul I Know Why The Caged Bird Sings.

Perjalanan kehidupan Maya Angelou menyimpan banyak pelajaran berharga. Pada 28 Mei 2014, Angelou menghembuskan nafas terakhir di usia 86. Dengan kiprahnya dan perjalanannya sebagai perempuan mandiri, inilah 11 pelajaran yang bisa kita dapatkan darinya, dari tulisan-tulisannya, dari perilakunya:

1. Mencintai seseorang berarti mengambil segala risiko dan itu terbayarkan.
"Kita cenderung lebih berani saat sedang jatuh cinta. Cinta bisa dengan tiba-tiba mengambil segalanya yang kita punya. Dan cinta lah yang membebaskan kita."

2. Perempuan harus saling dukung.
"Setiap kali perempuan berjuang untuk dirinya, tanpa menyadarinya, tanpa mengklaimnya, sebenarnya ia berjuang untuk semua perempuan."

3. Kunci sukses itu sederhana: kesenangan.
"Sukses adalah mencintai diri sendiri, menyukai apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya."

4. Buatlah perubahan sebisa Anda tapi bersikaplah menerima sesuatu yang tak bisa Anda kuasai sepenuhnya.
"Kalau Anda tidak menyukai sesuatu, lakukan perubahan. Kalau Anda tidak bisa mengubahnya, ubah perilaku Anda. Jangan berkeluh kesah."

5. Percaya suara dan insting dari dalam diri Anda.
6. Pelajari makna dari memaafkan.
"Hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada diri sendiri adalah memaafkan. Maafkanlah semua orang."

7. Penampilan bukanlah segalanya, bahkan sedikit pun tak ada artinya.
"Saya bukan perempuan yang manis dan ukuran tubuh saya tidak diciptakan untuk menyesuaikan dengan ukuran tubuh model fashion. Ketika saya memberitahu wanita cantik yang ingin tahu rahasia saya, mereka tidak percaya. Saya katakan, rahasia saya ada di jangkauan lengan dan pinggul, langkah kaki saya, dan lengkungan bibir saya. Saya seorang wanita fenomenal. Wanita fenomenal, itu saya."

8. Berani bertindak.
"Saya suka melihat perempuan muda yang keluar rumah, bekerja, menjangkau dunia. Hidup itu keras. Anda harus keluar menghadapinya dan berani bertindak.

9. Kalau Anda berada dalam situasi sulit, dalam hubungan atau pekerjaan, segera keluar dari situasi itu.
"Melangkah menjalani fase baru memang sulit, tapi tak lebih sulit dari bertahan dalam situasi yang tidak menghidupkan perempuan,"

10. Jangan pernah lupa tertawa.
"Perempuan harus kuat, lembut, tertawa sebanyak mungkin, dan hidup lebih lama."

11. Bagaimana Anda membuat orang merasakan sesuatu adalah peninggalan Anda.
"Saya belajar bahwa orang akan melupakan perkataan Anda, perbuatan Anda tapi orang lain takkan pernah lupa bagaimana Anda membuat orang lain merasakan sesuatu."


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com