Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Tumpuk yang Memberikan Efek Melangsingkan

Kompas.com - 01/06/2014, 17:35 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber GALTime

KOMPAS.com - Gaya busana berlapis-lapis, aksi tumpuk, atau layering, memang dapat membuat Anda terlihat lebih gemuk. Namun, dilemanya, konsep busana layering tengah menjai tren di belantika mode dunia, termasuk Indonesia.  

Penata gaya, Jennifer Sanzo memberikan beberapa tip dan triknya agar Anda bisa tetap tampil gaya dengan aksi tumpuk tetapi tetap terlihat langsing. 

1. Pilih bahan yang tipis
Bahan yang tipis adalah kunci utama untuk menghadirkan gaya tumpuk yang merampingkan. "Cobalah padukan kaus tipis dengan kardigan rajut yang halus," kata Sanzo. 

Untuk tampilan yang lebih rapi,  gunakan kemeja tipis berkerah dan padukan dengan blazer atau sweater. Busana berbahan tebal akan menambah volume tubuh, maka siasatilah dengan menggunakan jenis material busana yang tidak terlalu tebal dan pilih busana yang membentuk tubuh.

2. Bermain dengan pola
"Tambah daya tarik visual dengan permainan warna dan motif," sarannya. Cobalah untuk menggunakan jaket, kardigan, atau blazer dengan padu padan motif atau warna dan selaraskan dengan busana dalaman yang polos. Mengombinasikan motif akan memberikan ilusi yang merampingkan dan juga membantu mengalihkan perhatian orang kepada motif yang digunakan. 

3. Pernyataan gaya
"Tak ada salahnya untuk berinvestasi pada sebuah kardigan, blazer, atau mantel yang sedikit lebih mahal tetapi bisa menjadi koleksi utama yang menyatakan gaya Anda," katanya. Sebuah rompi bulu, mantel polkadot, blazer berwarna terang dan pastel bergaya feminin akan membuat Anda lebih modis. 

4. Gunakan legging
Jika menggunakan atasan yang longgar, maka pilihlah bawahan yang lebih ketat, misalnya legging atau skinny jeans. Menjaga keseimbangan antara bawahan yang ketat dan atasan yang longgar akan membuat Anda terlihat lebih ramping. Apalagi jika kardigan atau blazer yang digunakan juga membentuk lekuk tubuh (body shaping). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GALTime
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com