Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkal Bau Mulut dengan Rutin Mengonsumsi Yogurt

Kompas.com - 18/06/2014, 19:59 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com
- Masalah bau mulut atau napas yang kurang sedap adalah problem sarat aib  dalam pergaulan. Parahnya, terkadang penderita bau mulut sering tak menyadari masalahnya tersebut.

Salah satu cara untuk menangkis bau mulut adalah dengan rajin menggosok gigi dan menggunakan cairan penyegar mulut, secara rutin dan berkala. Namun, apa sih sebenarnya pangkal dari gangguan aroma tak sedap ini?

"Yang pasti salah satu penyebab bau mulut itu adalah bakteri yang ada di dalam mulut," kata Hardinsyah, Profesor of Nutrition Departement of Community Nutrition Faculty of Human Ecology IPB saat talkshow "Puasa Sehat Bersama Cimory" di Cimory Riverside, Puncak, Jawa Barat, Rabu (18/6/2014).

Ada banyak cara untuk mencegah dan mengatasi bau mulut, misalnya dengan makan permen ataupun minum air putih. Selain itu, Hardinsyah juga mengatakan, yogurt mampu menangkal bau mulut.

"Mulut "didesain" untuk mengelola karbohidrat, sehingga menghasilkan enzim ptialin utuk mencerna karbohidrat. Sisa-sisa karbohidrat inilah yang menyebabkan reaksi bakteri mulut," ujarnya.

Rongga mulut sendiri memiliki pH 5 yang sangat mendukung pertumbuhan bakteri. Untuk menghambat pertumbuhan bakteri, rongga mulut harus memiliki pH yang lebih rendah. Dalam hal ini, yogurt merupakan salah satu katalis untuk menurunkan pH mulut.

"Yogurt memiliki pH 4, dan dalam kondisi asam ini, bakteri bau mulut yang bersifat basa tidak akan bisa hidup. Karena tak ada reaksi bakteri maka bau mulut bisa teratasi," sarannya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com