Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2014, 12:03 WIB

KOMPAS.com – Mencuci bahan makanan sebelum dimasak merupakan langkah awal yang umum dilakukan banyak orang. Tujuannya untuk membersihkan pestisida yang terdapat dalam sayuran, serta menghilangkan bakteri yang terdapat dalam bahan makanan hewani.

Namun, pada kenyataannya, sebuah penelitian yang dilansir BBC, merilis pendapat yang berbeda. Penelitian ini menyarankan agar kita tidak segera mencuci ayam mentah sebelum dimasak. Dalam penelitian ini disebutkan bahwa tindakan ini dapat menyebar bakteri campylobacter yang terdapat pada ayam. Bakteri ini dapat menyebar ke lengan, meja, pakaian, dan alat-alat dapur melalui percikan air.

Bakteri campylobacter merupakan jenis bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, dengan gejala seperti diare, sakit perut, kram perut, dan demam. Oleh karena itu, yang disarankan dari para peneliti jangan mencuci ayam sebelum dimasak. Jadi, merebus ayam tersebut hingga setengah matang sebelum dimasak untuk membunuh bakteri di dalamnya. Lalu, buang air rebusan, dan cucilah ayam. Nah, setelah itu kita dapat memproses ayam menjadi masakan yang kita inginkan.

Food Standard Agency (FSA), menyarankan agar kita memisahkan talenan dan pisau yang digunakan untuk memasak daging ayam dengan bahan makanan lain. Ini dimaksudkan untuk lebih meminimalkan penyebaran bakteri.

Selamat memasak.

(K. Tatik Wardayati)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com