Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Keluar dari Zona Nyaman Hubungan Seksual

Kompas.com - 24/06/2014, 14:53 WIB
Wardah Fajri

Penulis

Sumber Your Tango
KOMPAS.com - Berada di zona nyaman membuat orang tak termotivasi untuk melakukan hal baru yang boleh jadi membawa dampak positif untuknya, termasuk dalam hubungan seksual.

Kalau hubungan seksual dalam pernikahan Anda semakin datar saatnya keluar dari zona nyaman. Berikut empat langkah yang disarankan para pakar:

1. Biarkan pasangan tunjukkan cara baru
Percayakan pasangan Anda untuk memberikan arahan mengenai gaya bercinta baru yang ingin dicoba sebagai penyegaran.

"Tak seperti pria, otak wanita memainkan banyak peran dalam hal kenyamanan bercinta dan kepuasan. Kemampuan untuk membiarkan segala sesuatu terjadi apa adanya menjadi sulit," kata Darren Michaels, penulis buku Flipside Erotica, Both Sides of the Story .

Kalau wanita bisa lebih rileks dengan membiarkan pasangan menunjukkan pola baru dalam bercinta, hubungan seksual akan lebih menyegarkan. Ini adalah kunci untuk melepaskan diri dari zona nyaman yang membosankan.

2. Mulai perlahan
Rutinitas bercinta yang membosankan perlu diubah perlahan. Anda tak bisa lantas keluar dari zona nyaman dalam semalam. Lakukan hal-hal baru yang disukai baik oleh Anda dan Dia. Bersenang-senang lah, jangan terbawa beban bahwa Anda harus menghilangkan kebiasaan lama dalam waktu cepat.

Salah satu cara meninggalkan rutinitas adalah mencoba fantasi seksual Anda. Tentunya Anda dan pasangan harus sama-sama merasa nyaman ketika ingin melakukannya.

"Ungkapkan apa yang menjadi fantasi seksual Anda. Selama aman dan nyaman, fantasi seksual itu ibarat permainan," kata Ramani Durvasula, psikolog klinis.  

3. Komunikasi
Mengungkapkan apa yang Anda harapkan dari pasangan dalam hubungan seksual merupakan suatu hal yang seksi.

"Ungkapkan apa yang membuat Anda terangsang bukan apa yang Anda tidak sukai dalam hubungan seksual," saran Michelle Callahan, pakar hubungan seksual.

Jangan ragu kalau Anda ingin mencoba gaya bercinta baru misalnya melakukannya di tempat berbeda di dalam rumah, atau mencoba posisi tertentu.

Percakapan mengenai hal-hal yang bisa membuat Anda terangsang berpengaruh terhadap kepuasan seksual pasangan. Kuncinya, komunikasi dan bangun hubungan yang solid.

4. Cintai diri sendiri
Dengan merawat diri Anda menunjukkan bahwa Anda mencintai diri sendiri. Maka rawatlah dan beri penghargaan terhadap tubuh Anda supaya Anda merasa lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini memengaruh aksi Anda di tempat tidur.

Lakukan dari hal sederhana, misal pakai pakaian dalam seksi atau kenakan lingerie saat tidur. Jangan hanya memakai pakaian seksi ini saat akan berhubungan seksual. Anda bisa mengenakannya dalam aktivitas harian. Perasaan seksi yang muncul di dalam diri terpancar keluar sehingga membuat si dia tergoda untuk merayu Anda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Your Tango
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com