Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2014, 08:20 WIB
KOMPAS.com - Hamil sebaiknya terencana dengan baik. Apalagi jika sebelumnya Anda punya pengalaman hamil yang berisiko tinggi antara lain keguguran dan lainnya. Agar kehamilan sehat, calon ibu perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

* Konsultasikan ke dokter gigi untuk mengetahui kesehatan gigi Anda. Jika perlu penambalan, pembersihan, atau pun pencabutan gigi, lakukan segera sebelum hamil karena hal ini tak mungkin dilakukan ketika hamil.

* Konsultasikan dengan ahlinya bila memiliki masalah kesehatan dengan alat reproduksi antara lain: terdapat kista, polip, tumor jinak, atau penyakit pada rahim. Pastikan masalah tersebut tertangani dengan baik sebelum hamil.

* Bila ada masalah serius dengan kehamilan sebelumnya, antara lain: keguguran, kelahiran prematur, konsultasikan penangangan yang diperlukan untuk mencegah hal tersebut terulang di kehamilan berikutnya.

* Lakukan beberapa tes sebelum hamil antara lain: hemoglobin, Rh, urine, tes hepatitis, TORCH, dan lainnya. Bila tes tersebut menunjukkan ada masalah, lakukan perawatan sebelum hamil.

* Pemeriksaan genetik jika ada kelainan genetik. Konsultasikan dengan dokter kandungan.

(Tabloid Nakita/Gazali Solahuddin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com