Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Suka dengan Kaki Pendek Anda? Operasi Saja!

Kompas.com - 27/06/2014, 07:40 WIB
Kontributor Female, Melissa Hendrasari

Penulis



KOMPAS.com– Jika memiliki kesempatan dan ruang untuk memiliki betis serta kaki nan indah, sepertinya sebagian besar wanita di dunia ini akan menggangguk, tanda ingin.

Sekarang, keinginan itu tak lagi sekadar khayalan. Pasalnya, tren operasi plastik kian berkembang, hingga menawarkan inovasi terbaru, yaitu  “merekonstruksi” kaki sesuai kehendak hati masing-masing. Alasan paling besar yang diutarakan oleh sejumlah pasien, seperti disarikan SHAPE adalah supaya kaki mereka lebih jenjang, indah, dan cocok mengenakan segala jenis sepatu.

“Memiliki kaki yang cantik dan indah adalah suatu tren karena ini berhubungan langsung dengan sepatu yang Anda gunakan,” Ujar Wendy Lewis, penulis Plastic Makes Perfect.

”Kini, klinik kami memiliki daftar panjang klien yang akan melakukan operasi kepada sejumlah wanita untuk mempercantik kaki mereka. Termasuk merubah ukuran kuku kaki, facelift kaki, dan merekonstruksi kaki. Layanan yang terbaru adalah toebesity, operasi untuk melangsingkan bagian bawah jari kaki dengan metode liposuction dan operasi,” Oliver Zong, Direktur Bedah, NYC Footcare

Operasi kaki estetika yang sedang marak menjadi tren ini, bertujuan untuk meningkatkan citra yang ditampilkan ke publik. Kondisi ini secara tidak langsung disebabkan oleh eksploitasi pemberitaan mengenai citra tubuh yang ideal yang sering dilakukan oleh  media, tayangan reality show produksi Hollywood, dan artikel di majalah gaya hidup. Seluruhnya seringkali mengekspos mengenai keindahan kaki seorang supermodel yang tinggi dan ramping.

Alhasil, ini membuat orang-orang yang terobsesi dengan kecantikan, dan menciptakan pola pikir bahwa segala sesuatu yang kurang di tubuh bisa diperbaiki dengan cara instan.

The American Orthopedic Foot dan Ankle Society  memiliki argumen yang sama sekali bertolak belakang dengan tren kecantikan ini, mereka malah membeberkan dampak buruk dari operasi plastik kaki, dengan mengatakan bahwa dapat mengakibatkan komplikasi termasuk kerusakan saraf permanen, infeksi, pendarahan, dan nyeri kronis pada saat berjalan.

Seperti biasa, peringatan dari para ahli tersebut itu ditepis oleh sejumlah perempuan yang mendewakan keindahan penampilan fisik. Niat mereka dalam meningkatkan tampilan luar kaki terus meningkat. Buktinya, setiap bulan, permintaan prosedur ini terus melonjak.

Semuanya demi tampak rupawan mengenakan sepatu tumit tinggi yang mungil dan cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com