Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja Sekadar Bertahan Hidup atau Mengembangkan Kemampuan Diri?

Kompas.com - 30/06/2014, 10:51 WIB
KOMPAS.com - Jika pekerjaan saat ini selalu membuat Anda mengeluh setiap harinya, mencari pekerjaan lain tampaknya bisa menjadi jalan keluar terbaik. Namun sebelum memutuskan untuk mencari pekerjaan baru yang bisa jadi akan memiliki masalah serupa, ajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri.

“Apakah pekerjaan baru nantinya akan benar-benar berbeda?”
Memang benar, Anda harus berani memutuskan untuk pergi jauh-jauh dari bos yang sangat menyebalkan dan pekerjaan yang diterima selalu berlebihan setiap harinya, tetapi apakah Anda sudah tahu bagaimana perangai bos baru dan seperti apa nantinya beban kerja di tempat baru? Yang paling penting sebenarnya, Anda harus tahu dulu, apakah pekerjaan yang sekarang ini benar-benar buruk dampaknya untuk dirinya Anda? Apakah masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana kerja?

Untuk bisa menjawab pertanyaan pertama tadi, ajukan pertanyaan berikutnya.

"Apa budaya kerja yang Anda terapkan?"
Di masa sekarang ini, teknologi sudah semakin mempengaruhi budaya kerja, dan ide “bekerja untuk hidup” saat ini tampaknya sudah ketinggalan zaman.

Pada kenyataannya, penelitian terbaru yang dilakukan sebuah firma perekrutan pegawai, Monster, membuktikan bahwa sekitar 46 persen orang Inggris berpikir, mereka bekerja supaya tidak menganggur.

Meskipun begitu, para pegawai ternyata juga lebih suka bekerja untuk membuktikan kinerjanya, mengembangkan kemampuannya, dan berusaha loyal ke perusahaan sejak direkrut jadi karyawan.

Para ahli mengatakan, jangan sekali-kali meremehkan kekuatan dedikasi dan keuletan seseorang dalam bekerja. Sebab kemampuan untuk bertahan di tempat kerja dengan mengubah apa yang semula tidak disukai dengan menjalani suatu pekerjaan yang ternyata bisa membuat Anda senang melakukannya.

Sikap ini tak hanya akan memengaruhi kondisi si pegawai di kemudian hari sehingga mampu meraih kesuksesan, tapi juga bisa membuat si pegawai selalu bersemangat bekerja setiap hari.

Jadi, sebelum memutuskan pindah kerja, pertimbangkan beberapa hal dan jawab pertanyaan tadi. Bisa jadi, dengan punya tujuan bekerja yang membuat Anda mampu mengembangkan diri dan lebih berdedikasi, Anda malah menemukan passion di pekerjaan saat ini.

(Tabloid Nova/Intan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com