Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Payudara Besar Jadi Alasan Wanita Malas Berolahraga

Kompas.com - 02/07/2014, 12:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Dalam beberapa kondisi, banyak wanita ingin memiliki ukuran payudara yang besar. Namun, tahukah Anda bahwa memiliki payudara yang besar tak selalu menyenangkan dan menguntungkan. Salah satunya adalah mengurangi semangat untuk berolahraga.

Memang benar bahwa tingkat aktivitas fisik tidak dipengaruhi oleh ukuran payudara. Namun, penelitian yang dilakukan oleh University of Portsmouth’s Research Group in Breast Health mengungkapkan, ukuran payudara ternyata bisa jadi penghalang sejumlah wanita untuk berolahraga. 

Emma Burnett, salah satu peneliti, mengatakan, ukuran payudara menduduki peringkat keempat sebagai “biang keladi” yang menghalangi banyak wanita malas berolahraga. Penghalang semangat olahraga lainnya yang paling besar adalah kekurangan energi, tidak punya waktu, dan ragam rupa alasan medis.

Penelitian yang dipublikasikan secara online dalam Journal of Physical Activity and Health mengungkapkan, 17 persen dari 239 responden wanita mengaku malas berolahraga dan melakukan aktivitas lainnya karena ukuran payudara mereka yang terbilang masif tersebut.

Salah satu kesulitan para wanita berpayudara besar untuk olah tubuh adalah sulit menemukan sport bra yang tepat. Selain itu, mereka mengaku merasa malu dengan “aset” yang bergerak secara berlebihan saat tubuh sedang latihan.

"Penelitian ini sangat penting, mengingat olahraga juga sangat penting untuk tubuh. Namun, kebanyakan wanita ternyata tidak mau berolahraga karena payudara mereka besar. Persentasenya lebih tinggi daripada yang saya kira," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com