Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sunat Saat Liburan Sekolah, Cara Melatih Anak Laki-laki Merawat Diri

Kompas.com - 04/07/2014, 12:19 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Banyak cara melatih anak balita hingga usia sekolah untuk merawat dirinya. Salah satunya mengajak anak memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh termasuk organ intim anak laki-laki. Momen liburan sekolah bisa dimanfaatkan untuk melakukan latihan ini.

Salah satu cara menyehatkan organ intim anak laki-laki adalah sunat. Dalam Islam, sunat atau sikumsisi dalam istilah kedokteran, hukumnya wajib. Manfaat kesehatan ini juga diyakini agama lain. Beberapa penelitian ilmiah menyebut sunat pada anak laki-laki dapat mencegah infeksi saluran kemih, infeksi, kanker penis, hingga HIV/Aids.

"Karenanya, jangan takut sunat. Terlebih tujuan kebersihan itu sebagian dari iman. Diharapkan peran orang tua dalam hal ini dapat mengajak dan memberikan pengetahuan kepada anak tentang pentingnya sunat bagi kesehatan organ intim mereka," kata Dirut Rider Group, Hanan Supangkat, di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Memanfaatkan momen liburan sekolah, Rider, brand pakaian dalam pria & anak, menggelar Sunat Massal Gratis bagi anak berusia 2-10 tahun melalui kampanye 'Jangan Takut Sunat'. Pada tahun ini, sunat massal gratis berlangsung di Medan, Yogyakarta, Cianjur, Bandung dan Majalaya (kabupaten Bandung).

Masa liburan sekolah merupakan saat tepat melakukan sunat supaya proses mengering hasil sunat tidak mengganggu waktu belajar anak.

Sunat massal gratis ini merupakan bagian program Rider Peduli yang memasuki tahun kelima. Sejak 2010 hingga 2014, ada total 5.000 anak yang mendapatkan kesempatan sunat gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com