Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Teh Tawar Saat Sahur, Redakan Haus Kala Berpuasa

Kompas.com - 06/07/2014, 00:58 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com
- Konsumsi makanan dan minuman yang tepat saat sahur membantu kita jadi lebih kuat berpuasa hingga saat waktu berbuka.

Salah satu  jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang mengandung banyak serat. Sedangkan untuk minuman, kebanyakan orang memilih air putih, teh manis hangat atau kopi. Sebenarnya, manakah yang paling baik?

"Teh adalah minuman yang paling tepat dikonsumsi saat sahur," kata Ratna Somantri, Pemerhati Teh, saat peluncuran produk teh kemasan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Namun, banyak orang menghindari konsumsi teh karena dinilai bisa menimbulkan rasa haus. Menanggapi hal ini, Ratna mengungkapkan, teh sebenarnya tidak menyebabkan rasa haus, sebaliknya teh justru mampu menjaga asupan cairan dalam tubuh sehingga tak mudah haus.

"Rasa haus saat minum teh ini karena Anda minum teh manis. Jadi kandungan gulanya yang membuat Anda jadi haus. Sebaiknya, saat sahur yang diminum adalah teh tawar," ujarnya.

Sekalipun tidak membuat haus, asupan teh tawar ini tetap harus dijaga. Ratna menyarankan satu gelas saja, lalu setelahnya minumlah air putih.

"Hindari konsumsi kopi saat sahur, karena bisa bikin tenggorokan kering dan semakin haus," kata Ratna.          

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com