Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topi Kupluk Bayi Sebagai Pelindung Bukan Sekadar Penutup Kepala

Kompas.com - 10/07/2014, 11:28 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Topi kupluk menjadi salah satu kebutuhan bayi baru lahir. Benda ini terlihat sederhana, tetapi ada manfaat besar dari topi kupluk merek tertentu.

Salah satu merek topi kupluk, Tortle, mengklaim bisa mencegah sindrom kepala datar. Topi ini diciptakan untuk menyokong pergerakan kepala dan leher bayi yang baik.

Tortle pertama kali diperkenalkan oleh Dr Jane Scott, dokter spesialis anak dan neonatologis dari Colorado. FDA atau Food & Drug Association, dipatenkan dengan kelas satu alat medis yang mendukung kesehatan kepala dan pergerakan leher untuk mencegah meratanya kepala bayi.

Bayi usia 0-6 bulan disarankan menggunakan topi jenis ini selama delapan jam sehari. Waktu pemakaian antara lain bila bayi sedang istirahat dalam boksnya, tempat duduk mobil, kereta dorong, gendongan, atau ayunan dan dalam pengawasan orang tua.

Ketika menggunakan Tortle, tempatkan gulungan di belakang telinga bayi, untuk menyokong kepala bayi. Kepala harus secara regular diubah posisinya untuk menjaga bentuk tetap bulat sempurna.

Di pasaran, topi Tortle yang ringan terbuat dari 95 persen bahan katun, dan 5 persen spandex. Topi ini aman dicuci dengan mesin.

Sumber: Bloom & Grow Asia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com