Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2014, 13:33 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pada minggu kedua bulan Ramadhan, umumnya acara buka bersama mulai memenuhi agenda harian sejumlah wanita modern dan aktif. Nah, agar penampilan hijab Anda tampak berbeda, berikut panduan mengenakan jilbab trendi untuk bertemu teman-teman saat berbuka puasa. 

"Kala buru-buru karena sudah ditunggu teman-teman, Anda bisa memakai jilbab yang praktis saja. Pakai inner yang instan dan agar lebih praktis bisa pake kerudung capuchon," kata Andi Karmila Mahafatni dari Up2Date dan Square kepada Kompas Female di Studio Up2Date, Tangerang, Senin (7/7/2014) lalu.

Yuk, simak langkah-langkah penggunaan jilbab praktis trendi seperti terurai di bawah ini:

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Tahap 1 dan 2

Tahap satu : Jika Anda berambut panjang, ikat rambut dan buatlah sanggul cepol. Kemudian, tutup dengan inner (dalaman) kerudung. Kemudian, rapikan.

Tahap dua : Ambil kerudung yang berbentuk capuchon (kerudung yang berbentuk seperti hoodie pada jaket atau sweater), atau Anda bisa menyiasatinya menggunakan kerudung segiempat yang sudutnya dilipat dua sehingga membentuk segitiga. Setelah itu, lipat lagi bagian sudutnya sehingga menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil. (jika ingin, sudut yang menjuntai di belakang kepala bisa dimasukkan ke dalam kerah baju atas agar terlihat seperti capuchon). Kemudian, gunakan kerudung seperti biasa. Sematkan bagian atas kerudung dan inner menjadi satu bagian dengan menggunakan jarum pentul.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Tahap 3 dan 4
Tahap 3: Ambil dua bagian ujung kerudung yang menjuntai di depan lalu silangkan dalam ikatan yang longgar, dan tidak perlu diikat simpul). Biarkan satu bagiannya berada di pundak dan sisi lainnya di bagian dada.

Tahap 4 : Untuk "mengunci" sisi pertemuan helaian kain, gunakan saja aksesori jepit. Aksesori ini akan membantu mengikat kain sekaligus mempermanis tampilan hijab Anda.


Koleksi busana : Up2Date
Koleksi kerudung : Square
Make-up Artis : Lasuardi Sudirman by Mazaya Cosmetic
Model : Mayang Ayu Faluthamia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com