Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pepes, Makanan Tepat, Sehat dan Praktis untuk Sahur

Kompas.com - 10/07/2014, 23:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Saat santap sahur, Anda pasti sedikit enggan untuk memasak makanan yang terlalu merepotkan. Namun, tahukah Anda kalau ternyata salah pilih menu untuk sahur bisa membuat puasa Anda jadi sedikit terganggu dan tak maksimal.

"Ketika sahur, ada beberapa makanan yang seharusnya dihindari. Bukan tidak boleh, tapi sebaiknya dikurangi," kata Ahli Gizi Klinis, Fiastuti Witjaksana saat peluncuran varian jus kemasan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat sahur, biasanya makanan paling praktis adalah yang instan atau serba digoreng. Namun, jenis makanan yang demikian bisa membuat tubuh membengkak, dan lemas saat berpuasa seharian. "Saat sahur, hindari mengonsumsi makanan yang berminyak," katanya.

Sebab, makanan berminyak akan membuat kandungan lemak meningkat. Seperti diketahui, kandungan lemak tinggi  pemicu melonjaknya tingkat kolesterol dan lemak di tubuh. Oleh karena itu, agar lebih praktis, sekaligus untuk mengurangi konsumsi makanan berminyak, Fiastuti menyarankan untuk menyantap aneka makanan yang direbus atau dikukus, misalnya pepes tahu.

"Pepes kan sangat sehat karena tidak mengandung minyak di dalamnya. Selain itu pepes juga salah satu makanan yang mudah dibuat. Kalau tidak sempat membuatnya di pagi hari, buat saja malamnya dan paginya tinggal dihangatkan lagi," sarannya.

Selain makanan berminyak, ia juga menyarankan untuk menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam. "Ini bisa membuat Anda lebih cepat haus saat puasa," kata Fiastuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com