Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2014, 10:53 WIB
KOMPAS.com - Apa yang harus dilakukan pasangan agar bisa mesra tanpa gadget? Dr Larry D Rosen, PhD, penulis buku Disorder: Understanding Our Obsession with Technology and Overcoming its Hold on Us, memberikan sejumlah panduan yang bisa Anda gunakan untuk memelihara keharmonisan hubungan, antara lain:

1. Sediakan waktu bebas telepon menjelang tidur
Sebaiknya simpan ponsel Anda satu jam sebelum tidur. Lebih baik, matikan ponsel saat Anda tidur sehingga tidak ada notifikasi yang bisa menganggu tidur Anda.

2. Mulailah rutinitas baru
Jika Anda terbiasa memainkan game di ponsel atau pun tablet menjelang tidur, maka ubahlah kebiasaan tersebut dengan aktivitas lain seperti saling menceritakan pengalaman hari ini pada pasangan atau memberikan “servis pijat” dengan si dia secara bergantian.

3. Jangan simpan gadget di samping tempat tidur
Keberadaan benda tersebut di dekat tempat tidur bisa membuat Anda tergiur untuk menggunakannya ketika terbangun di tengah malam.

“Karenanya, simpan gadget Anda di meja rias atau di dalam tas yang diletakkan jauh dari tempat tidur,” kata Rosen.

4. Gunakan sesuai fungsi dan kebutuhan
Tak perlu mencari-cari alasan untuk meletakkan ponsel dekat dengan Anda di tempat tidur. Kalau pun Anda ingin membawa gadget ke atas tempat tidur, manfaatkanlah untuk suatu kegiatan yang bisa menambah kemesraan dengan pasangan, misalnya untuk menonton film seksi berduaan dengan si dia.

(CHIC/Nayu Novita/Turi Miasih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com