Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayang Ayu, Antara Karier Film dan Politik (Bagian I)

Kompas.com - 15/07/2014, 12:02 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Percaya diri, mandiri, dan selalu berani mencoba hal baru selagi muda menjadi karakter khas Mayang Ayu Faluthamia. Mayang adalah pemenang Mazaya Movie Hunt, sebuah program kolaborasi Mazaya Cosmetics bersama Hanung Bramantyo, yang sedang mencari bakat muda untuk pemeran film "Hijab".

Berakting merupakan hal baru bagi Mayang. Meski tampil di depan publik menunjukkan bakatnya bukan lah hal baru. Mayang pernah mengikuti audisi menyanyi mencari idola Indonesia, tetapi gagal. Kini, lewat Mazaya Movie Hunt, Mayang mencoba peruntungan dan tantangan baru bermain peran meski tak punya pengalaman.

Berbekal video yang dibuatnya di batas waktu pengiriman audisi online, didukung sang pacar, Mayang berhasil mengalahkan peserta lain yang punya segudang pengalaman. Mayang unggul di antara 1.058 peserta yang mendaftar, lolos menjadi 120 semi finalis, dan 15 finalis yang dikarantina selama 3 hari 2 malam di Jakarta.

Kini, Mayang memegang tiket untuk bermain peran di film "Hijab" setelah lolos seleksi dari para juri antara lain Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca, dan Mathias Muchus. Tak hanya mendapatkan kesempatan berperan dalam film Hijab, ia pun meraih hadiah uang tunai Rp 15 juta.

"Saya suka akting tapi ini kali pertama ikut audisi akting dan menang. Saya memang tipe orang yang seneng coba semua hal, suka mencari tantangan baru, yang saya enggak tahu ingin cari tahu," kata Mayang kepada Kompas Female di sela kegiatan Mazaya Meccanism Ramadhan Charity di Jakarta.

Kepercayaan diri menjadi kunci kesuksesan Mayang terjun ke ranah seni peran. Baginya, semua orang punya bakat jadi hilangkan jauh-jauh sikap pesimistis.

"Kita semua punya bakat tinggal bagaimana berkreativitas. Dalam akting yang penting harus natural, penjiwaan supaya message sampai ke penonton. Jadi harus optimistis," kata perempuan yang mengaku masih belajar untuk berhijab ini.

Terjun ke ranah film, Mayang pun sudah mempersiapkan dirinya dengan latihan dan latihan. Beruntung Mayang berkesempatan mengikuti kelas akting bersama aktor gaek, Mathias Muchus.

"Jalani saja yang terbaik, yang penting menjadi diri sendiri, enggak boleh putus asa, enggak boleh menyerah," kata perempuan kelahiran Jakarta, 20 November 1989 ini.

Bersambung ke Bagian II

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com