Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pria Cari Pasangan yang Mirip dengan Sang Ibu

Kompas.com - 17/07/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com – Ada sebuah teori tidak resmi yang mengatakan bahwa pria mencari pasangan hidup yang mirip dengan ibu mereka. Benarkah demikian?

Mungkin banyak wanita yang pernah mendengar  suami mengatakan bahwa masakan mereka sama enaknya dengan masakan sang ibu, atau senyum mereka cantik seperti senyum ibunya. Menurut pria, pujian-pujian tersebut merupakan sanjungan tertinggi yang diucapkan suami pada istrinya.  

Sebenarnya, apa sih alasan seorang pria mencari pasangan yang mirip-mirip dengan ibu mereka? Baca terus!

Zona nyaman
Para pria percaya, hidup bersama seorang istri yang memiliki kepribadian sama dengan ibu mereka, merupakan kehidupan ideal yang nyaman dan menyenangkan.

Akur dengan mertua
Sebelum melamar pasangannya, salah satu pertimbangan yang dipikirkan oleh pria adalah tingkat keakuran antara calon istri dengan sang ibu. Tujuannya untuk menghindari terjadi konflik di masa mendatang. Sebab, bagi pria, memilih antara ibu dan istri, merupakan hal tersulit yang bakal membuat mereka stres dan depresi. Maka dari itu, pria akan berusaha mencari pasangan yang sekiranya berpotensi menjalin hubungan baik dengan ibu di rumah.

Pria adalah anak-anak berusia dewasa
Di angka berapapun usia seorang pria, kabarnya mereka tetaplah seorang bocah yang acap kali membuat kesal dan jengkel. Kaum pria, terutama di Indonesia, terbiasa dilayani oleh ibu mereka.

Mau pakai baju, tinggal ambil di lemari. Mau makan, sudah tersaji di meja makan. Mau tidur, kamar sudah dalam kondisi rapi dan wangi. Dengan demikian, tak sedikit pria yang mencari wanita rajin seperti ibu mereka, agar usai menikah, sang istri bisa merawat mereka dengan baik.

Masakan terlezat di dunia, masakan ibu
Wanita yang jago memasak memiliki nilai tambah di mata pria. Terutama jika sajian yang dihidangkan bercitarasa persis seperti masakan ibu, mereka pasti akan memberikan semua yang Anda mau.  

Menebus kesalahan
Tak semua pria memiliki masa remaja yang sempurna dan minim pengalaman buruk. Alhasil, saat mereka dewasa, mereka kerap dilanda perasaan bersalah dan berdosa pada ibu. Inilah salah satu yang membuat pria mencari pasangan mirip dengan sosok yang melahirkan mereka ke dunia tersebut. Tujuannya, untuk memperbaiki kesalahan pada ibu dengan berbuat baik pada sang istri.

Teori Freudian
Berdasarkan ahli psikologi, Sigmund Freud, insting alami pria adalah melindungi ibunya, bahkan dari ayah mereka sekali pun. Jadi, saat mereka bertemu dengan sosok wanita yang mirip sang ibu, tanpa mereka sadari mereka ingin segera menjaga dan melindungi wanita tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com