Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2014, 14:52 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Selama Ramadhan, biasanya orang-orang menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan beragam aktivitas. Kegiatan menunggu Maghrib tersebut biasa dikenal dengan istilah ngabuburit. Ngabuburit ini sudah menjadi kegiatan rutin kebanyakan muslim di Indonesia.

Aktivitas jelang buka puasa ini beragam, antara lain jalan-jalan, tidur, berkumpul bersama teman, menonton televisi, bermain games, beraktivitas online, pergi ke masjid, berkumpul bersama keluarga di rumah atau sekedar mencari takjil termasuk kegiatan ngabuburit. Rupanya, ngabuburit di rumah lebih menjadi pilihan ketimbang pergi ke mal.

Selama sepekan terakhir, media monitoring Awesometrics, memantau tren percakapan terkait ngabuburit di jagad media sosial seperti Twitter, Facebook dan Forum. Awesometrics menemukan jumlah percakapan terkait ngabuburit di media sosial ada sebanyak 9.253 kali.

Dari total jumlah percakapan tersebut, di Twitter, ada 338 percakapan warga twitland yang kegiatan ngabuburit-nya dilakukan di rumah. Sementara percakapan mengenai ngabuburit di mal hanya 88 mention.

Lantas apa saja yang dilakukan orang-orang saat ngabuburit di rumah?

Dari percakapan di Twitter, kebanyakan orang mengaku memilih tidur sebagai kegiatan ngabuburit-nya. Awesometrics menangkap percakapan mengenai kegiatan tidur saat ngabuburit sebanyak 103 kali.

Kegiatan lainnya yang banyak dipilih adalah menonton televisi, ada 74 mention terkait kebiasaan ini. Seperti yang dilakukan Arhy Nasila dalam akunnya @ArhyTheWinner, ia menghabiskan waktu ngabuburitnya dengan menonton televisi.

Meski begitu masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di rumah saat ngabuburit dan tidak selalu membosankan. Misalnya melakukan aktivitas seru bersama keluarga.

Personil JKT 48, Shinta Naomi, misalnya memilih ngabuburit di rumah dengan memasak. Dalam akunnya @Naomi_JKT48, ia bercerita kegiatan ngabuburit-nya diisi dengan membantu ibunya memasak untuk hidangan saat berbuka puasa.

Bagaimana dengan Anda? Pilih ngabuburit di rumah atau mal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com