Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Seksual pada Pria Bisa Diatasi dengan Senam Kegel

Kompas.com - 17/07/2014, 22:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini senam kegel umumnya dilakukan oleh kaum wanita. Sebab, latihan ini diklaim dapat membantu persalinan dan masa pemulihan usai melahirkan. Selain itu, latihan ini juga bisa membantu mengencangkan kembali kualitas performa panggul wanita.

Informasi menarik terbaru soal senam kegel diungkap oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang urologi, dr Andres L. Siegel, yang mengatakan bahwa pria juga harus rutin melakukan senam kegel. Apa pasal?

"Pria melakukan latihan kardio untuk jantungnya, latihan kekuatan untuk membentuk enam bar pada perutnya, tetapi mereka mengabaikan bagian dasar panggul," kata Siegel.

Lebih lanjut, dr Siegel mengatakan, seperti semua otot lainnya, otot di dasar panggul serta organ intim bakal melemah seiring usia, lalu menyebabkan kekuatan saat bercinta. Nah, latihan kegel bisa membantu para pria yang mengalami disfungsi seksual.

Gerakan-gerakan pada latihan kegel memang ditujukan untuk melatih otot-otot yang mengelilingi alat vital, sehingga membantu untuk mengaktifkan otot ketika ereksi, orgasme, dan ejakulasi. Otot ini juga akan membantu mengalirkan darah ke penis lebih lancar dan bebas hambatan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com