Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini di Media Sosial supaya Hubungan Tetap Mesra

Kompas.com - 18/07/2014, 10:34 WIB
KOMPAS.com — Percaya atau tidak, menurut sebuah studi di jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, orang-orang yang aktif menggunakan media sosial, khususnya Facebook dan Twitter lebih dari dua kali sehari, dilaporkan memiliki konflik hubungan dengan pasangannya. Konflik tersebut kerap kali berujung pada hal negatif, seperti perselingkuhan, putus hubungan, bahkan perceraian.

Namun, jangan khawatir. Anda tak perlu menon-aktifkan akun media sosial agar hubungan dengan pasangan tetap sehat dan harmonis. Lakukan cara berikut ini:

Hindari hubungan prematur dan perubahan status
Para ahli sepakat bahwa kecerobohan terburuk menggunakan media sosial adalah saat hubungan Anda masih baru atau belum resmi. Wendy Walsh, PhD, penulis The 30 Day of Detox, menyarankan Anda menunda posting tentang kencan atau berbagi foto Anda berduaan sebelum hubungan terjalin lama dan resmi.

"Hubungan yang baru sangat riskan dengan berbagai hal. Sangat penting menjaga privasi, dan cobalah membangun hubungan yang intim dengan tetap menjaga privasi Anda," ujar Walsh.

Berhenti melakukan browsing
Berlama-lama berselancar di Facebook dan membuka banyak akun orang lain sangat membuka peluang terjadinya konflik. Gunakan media sosial secara cerdas dengan membatasi waktu berselancar, berbagi status atau foto, serta menulis tweet. Terlalu aktif di media sosial, terutama saat bersama pasangan, hanya akan memberi kesan pasangan Anda tidak begitu penting dan tidak diperhatikan.

"Perhatian kerap terbagi saat seseorang sibuk dengan media sosialnya sendiri dan terlalu asyik dengan apa yang ada di layar gadget . Masalah diawali dengan keluhan, jengkel, hingga perasaan tak nyaman dan marah," ungkap seorang pakar, Christie Hartman.

Berhenti saat Anda marah
Perasaan emosi sehabis bertengkar dengan pasangan akan memicu kata-kata kasar. Menjauhlah dari telepon atau gadget sehingga akun media sosial tidak akan diisi oleh segala sesuatu berisi umpatan kekesalan atau komentar bernada agresif dan provokatif yang mampu memperburuk kondisi hubungan percintaan Anda.

Selektif memilih teman
Fitur paling menakutkan dari media sosial adalah secara mudah menghubungkan komunikasi dengan mantan atau teman lama. Awas, ini bisa memicu pertengkaran dengan pasangan. Berhati-hati saat berinteraksi dengan teman baru, dan jaga privasi Anda dari orang-orang yang belum dikenal.

Pamer kemesraan dengan berbagi gambar profil
Tidak ada salahnya "menyombongkan" hubungan yang sedang Anda jalani. Faktanya, menurut studi jurnal Social Psychology and Personality Science, pasangan yang secara teratur melakukan hal ini cenderung merasa lebih bahagia.

"Membual atau bersikap mesra secukupnya akan menjadi sesuatu yang sehat untuk hubungan Anda. Pasangan Anda pasti menyukai perlakuan-perlakuan yang romantis," saran Hartman.

(Tabloid Nova/Ridho Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com