Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2014, 17:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber GALTime

KOMPAS.com -Ucapan yang keluar dari mulut bisa saja memperdaya, seolah-olah benar memperhatikan dan menyimak, padahal pikiran melayang pada hal-hal lain. Supaya Anda tidak “tertipu” dengan ketulusan seseorang, coba perhatikan bahasa tubuh mereka saat bicara dengan Anda.

Vanessa Van Edwards, seorang ahli bahasa tubuh dan pendeteksi kebohongan, mengatakan bahwa orang yang memberikan perhatian penuh pada lawan bicara, tidak hanya akan mengatakan "Iya, aku perhatikan kok," sementara jarinya asyik memainkan ponsel atau pandangan matanya tertuju ke tempat lain. Jika benar tulus, mereka pasti akan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mereka menyingkirkan ponselnya untuk sementara.
Mungkin Anda berpikir, saat mendengarkan lawan bicara hanya diperlukan mata dan telinga. Ini salah besar. Sebab, tanpa Anda benar-benar memperhatikan dan fokus, maka sia-sia saja. Maka dari itu, saat sedang berdiskusi atau mendengarkan teman bicara, pastikan untuk menyingkirkan segala peranti dan benda lain yang bisa memecah konsentrasi.

2. Tidak memutus kontak mata
Orang yang benar-benar tulus memperhatikan Anda, akan melakukan kontak mata yang kuat dengan Anda.

3.Posisi kaki mencerminkan sikap Anda
Bahasa tubuh menyimak atau tidak, terlihat dari cara menyilangkan kaki. Jika Anda menyilangkan kaki, dengan kaki atas menunjuk pada orang tersebut (saat orang di sebelah kiri, maka kaki kiri yang disilangkan dan ditumpu di atas, sehingga kaki kiri menunjuk ke orang tersebut), maka ini menunjukkan minat dan perhatian tulus kepada lawan bicara. Sebaliknya, jika kaki yang disilangkan ke atas mengarah ke bagian lain atau bahkan ke pintu keluar, artinya pikiran Anda berada di tempat lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GALTime
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com