Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Kerja Pilih Nonton Pengumuman Pilpres di Rumah

Kompas.com - 23/07/2014, 09:23 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menuntaskan perhitungan rekapitulasi nasional Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 pada Selasa, 22 Juli. Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2014 pun sudah resmi diumumkan, yakni pasangan nomor urut 2, Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Menunggu pengumuman ini, rupanya sebagian warga Jakarta yang memilih menontonnya lewat layar kaca di rumah dan enggan beraktivitas di luar rumah.

Sebagian warga Jakarta juga memilih libur atau cuti, sebagian lagi tetap beraktivitas seperti biasa tak khawatir dengan isu keamanan terkait pengumuman KPU.

Percakapan mengenai aktivitas menonton pengumuman Pilpres lewat layar kaca di rumah tertangkap oleh Awesometrics. Media monitoring menggunakan keywords "di rumah", "ga kemana2", "ga kemana mana", "rumah", "nonton tv", dengan mengkhususkan percakapan pada kata-kata "takut", "rusuh", "pengumuman pilpres", "pengumuman kpu", "pilpres".

Hingga Selasa (22/7) sore, Awesometrics menemukan tak kurang dari 5.537 percakapan di media sosial, yakni 5.081 di Twitter dan 456 kali di Facebook. Percakapan tersebut kebanyakan mengenai ajakan untuk tetap diam di rumah dan menonton pengumuman KPU dari televisi.

Meski begitu, sebagian orang merasa cukup aman beraktivitas di luar rumah meski sebagian lagi merasa lebih nyaman berdiam diri di rumah selama sidang pleno KPU berlangsung seharian kemarin.

Awesometrics menemukan dalam seminggu ini (15 – 22 Juli 2014), ada tak kurang dari 226 kali percakapan di media sosial (Facebook dan Twitter), mengenai warga ibukota yang tetap berkegiatan di luar rumah. Sebanyak 32 kali percakapan datang dari Facebook, dan 194 kali percakapan datang dari Twitter, dan percakapan ini masih terus berlangsung.

Terdapat lima tweet yang paling menarik pengguna twitter dan terbanyak dipilih untuk di-retweet. Kelimanya memiliki isi yang sama berupa imbauan untuk tetap beraktivitas seperti biasa dan jangan takut pada isu rusuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, karena khawatir rusuh, sebagian orang memilih libur atau cuti pada 22 Juli. Fakta ini tertangkap dari 522 percakapan di Facebook dan Twitter beberapa warga ibukota yang berniat cuti atau libur atau meliburkan diri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com