Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kaki Panjang dan Kencang seperti Sabina Si Atlet Voli Cantik?

Kompas.com - 23/07/2014, 13:36 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber LiveStrong
KOMPAS.com — Sosok atlet voli asal Kazakhstan, Sabina Altynbekova (17), mendadak populer karena penampilan fisiknya yang rupawan. Sosok cantiknya ini membuat banyak orang berpikir bahwa Sabina lebih cocok menjadi model.

Fitur utama dari tampilan fisik Sabina yang memiliki tinggi 182 sentimeter ini adalah sepasang kakinya yang jenjang dan kencang. Alhasil, kostum olahraga voli yang dia kenakan tampak selaras dan seksi, kian menarik perhatian.

Jika Anda mendambakan memiliki kaki indah dan panjang seperti layaknya Sabina, Anda bisa mendapatkan dengan cara maka "memanjangkan" kaki lewat latihan pilates. Sebab, latihan ini
dapat membantu memanjangkan otot-otot kaki Anda.

Berikut beberapa metode yang bisa membantu meregangkan dan melangsingkan sehingga menghasilkan efek kaki yang lebih panjang.

1. "Leg circles"
Leg circles
(membuat lingkaran dari kaki) akan membantu meregangkan otot hamstring sekaligus memperkuat fleksor pinggul, paha belakang, dan paha depan. Kombinasi latihan penguatan dan peregangan kaki akan membantu memanjangkan kaki Anda.

Berbaringlah telentang, tetapi panjangkan tubuh sehingga otot perut tertarik. Kemudian, angkat satu kaki dalam kondisi lurus ke atas, sementara satu kaki lainnya tetap lurus di lantai (membentuk sudut 90 derajat).

Jagalah pinggul Anda tetap ada di lantai, kemudian putar-putar kaki yang diangkat ke atas. Jangan lupa menarik dan membuang napas saat menggerakkan kaki. Ulangi proses ini pada kaki yang berlawanan.

2. "Single straight leg stretch"
Latihan merenggangkan kaki bisa menjaga otot kaki dari timbunan lemak. Selain itu, rutin melakukan perenggangan kaki dapat membuat kaki jadi lebih kuat.

Caranya adalah berbaring telentang, kemudian tekuk lutut ke arah perut. Lalu luruskan, tetapi jangan letakkan di lantai. Angkat kaki sekitar 6 inci dari lantai, lanjutkan dengan mengangkat kaki yang tadinya ditekuk ini, gerakkan ke atas (satu kaki lurus tetapi tak menyentuh lantai dan kaki satunya diangkat ke atas).

Pegang kaki yang diluruskan ke atas dengan kedua telapak tangan. Lakukan gerakan mengayun kaki bergantian antara kaki kanan dan kiri, kemudian kaki yang sedang berada di atas ini dipegang dengan kedua telapak tangan. Ulangi sebanyak 10 kali.

3. "Side kick"
Posisikan tubuh tiduran menyamping. Tumpuk kedua kaki satu sama lain. Kemudian, gerakkan kaki (yang berada di atas) ke bagian samping tubuh (depan dan belakang). Ulagi sebanyak 10 kali.

Setelah itu, ubah posisi gerakan kaki dari gerakan depan-belakang menjadi gerakan ayunan ke atas dan bawah. Pastikan posisi kaki tetap lurus. Ulangi sebanyak 10 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LiveStrong
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com