Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2014, 15:22 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Saat berlibur, kacamata hitam (sunglasses) merupakan aksesori yang wajib untuk dibawa serta. Dalam perkembangannya, kacamata hitam berevolusi dengan ragam gaya rancang yang inovatif dan trendi.  Mulai dari yang berbingkai besar sampai kecil, warna gelap sampai warna terang, semuanya tersedia di pasaran.

Dari zaman dulu sampai sekarang, ternyata ada beberapa model dan bentuk kacamata yang dianggap paling ikonik sepanjang masa. Coba tengok mana yang paling cocok untuk Anda jadikan pelengkap gaya kala liburan mudik nanti.

1. Wayfarer
Kali pertama dirilis pada tahun 1950 dan diproduksi oleh merek kacamata tersohor, RayBan. Bingkainya berbentuk kotak dan berukuran tidak terlalu besar, sehingga memberikan kesan klasik. Dulu seringkali terlihat digunakan oleh mantan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy.

2. Browline
Memiliki gaya bingkai menyerupai alis mata. Pada bagian bawah tak dilapisi dengan bingkai, sedangkan dibagian atas dilapisi bingkai berukuran tebal. Kacamata ini dipopulerkan oleh aktor lawas, James Dean, dan Malcolm X. Meskipun dirilis pada tahun 1950-an sebagai koleksi aksesori khusus pria, tapi sekarang, banyak dikenakan oleh wanita

3. Cat eye
Kacamata dengan ujung bingkai runcing menyerupai mata kucing ini, mencetak tren pada awal 1960-an. Aktris seksi, Marilyn Monroe sering terlihat mengenakan kacamata cat eye pada beberapa penampilannya.

4. Bulat
Bentuk kacamata bulat sempurna ini mulai populer di tahun 1970-an. Bingkai kacamata umumnya terbuat dari plastik ataupun besi. Musisi legenderis, John Lennon sering kali terlihat mengenakannya.

5. Oversize
Tidak seperti kacamata minus, kacamata hitam ini lebih diperuntukkan sebagai kacamata mode. Kali pertama meretas sebagai tren pada tahun 1970-an.  Di zamannya, istri mantan presiden Amerika, Jacqueline Kennedy Onassis, sering mengenakan kacamata yang kini dijadikan guyonan sebagai kacamuka ini.

6. Aviator
Memiliki kaca dan bingkai yang berbentuk bulat, biasa disebut juga sebagai kacamata pilot, karena memang marak dikenakan oleh para pengemudi pesawat.

Namun, sebenarnya, aktor Tom Cruise lah yang mempopulerkan kacamata aviator, lewat film larisnya, Top Gun. Sempat merebak sebagai tren di era 80-an, tapi di waktu sekarang, masih banyak ditemui para pecinta mode yang memilih jenis kacamata ini sebagai pelengkap penampilan.

7. Bug eye
Gaya kacamata Jackie O merupakan salah satu tren di tahun 1970, namun di tahun 2000-an, gaya ini kembali merebak, tapi dengan sedikit modifikasi. Tahun 2000-an, kacamata dibuat semakin besar. Bahkan semakin masif ukurannya, maka dianggap semakin bagus, oleh karenanya, kacamata ini dianggap sebagai "kacamata belalang". Nicole Richie dan si kembar Olsen lah yang mempopulerkan kacamata bug eye.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com