Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bersiap Jadi Pusat Mode Busana Muslim Dunia pada Tahun 2020

Kompas.com - 25/07/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com
- Indonesia sedang mempersiapkan diri menjadi kiblat mode busana muslim di dunia.

Pada acara kumpul media yang bertema "Ragam Kreasi & Gaya Busana Muslim di Indonesia" di MDL restoran, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Taruna K. Kusmayadi selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), menyampaikan impian para desainer Indonesia yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Pusat Mode dunia untuk busana muslim tahun 2020.

Hal serupa juga diucapkan oleh Dina Midiani, Direktur Indonesia Fashion Week, bahwa Indonesia sedang memantapkan diri untuk tahun 2018 sebagai pusat busana muslim se-Asia, dan tahun 2020 se-dunia. Tentunya, agenda ini disambut baik oleh 4 kementerian Indonesia yang terdiri dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif, luar negeri, perdagangan, dan pendidikan.

Dina menambahkan bahwa penetapan Indonesia sebagai pusat busana muslim bukan angan-angan semata. Indonesia dinilai memiliki potensi yang sangat besar, karena jumlah penduduk Indonesia terbanyak ke-4 di dunia, dengan mayoritas penduduk islam terbanyak di dunia.

"Bukan saja sebagai negara yang menjual banyak busana muslim, tetapi Indonesia harus memantapkan diri menjadi pusat tren baju-baju muslim". ujar Dina.

Tiga hal yang akan menjadi pilar Indonesia sebagai pusat mode busana muslim adalah sebagai inspirasi mode global, penentu standar kualitas mode secara global, dan rumah produksi fashion.

Taruna menambahkan bahwa dengan memajukan industri mode, maka secara tidak langsung memajukan kaum perempuan yang notabene merupakan pelaku pasar terbesar (90 persen) di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com