Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luas Parkir Khusus Wanita di Tiongkok Dianggap Melecehkan

Kompas.com - 25/07/2014, 21:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Sebuah pusat belanja di Tiongkok mengatakan, lahan parkir dengan luas standar menyulitkan pengunjung wanita untuk memarkir mobil mereka dengan cepat dan tepat.

Permasalahan yang umum terjadi oleh pengendara wanita ini, menginspirasi suatu mal di Tiongkok, Dailan, untuk merenovasi lapangan parkirnya yang dikhususkan untuk wanita, jadi lebih lapang sehingga memudahkan saat parkir mobil.

Namun, inisiatif tersebut disambut negatif lewat sebuah perdebatan di media sosial. Tak sedikit, pilihan Dailan tersebut dianggap melecehkan kemampuan berkendara kaum hawa.

Dailan memiliki 10 tempat parkir bawah tanah yang masing-masing dilebarkan sebanyak 30 sentimeter, dan dibatasi dengan garis warna merah muda, sebagai tanda parkir khusus wanita.

"Kami hanya ingin memudahkan perempuan, yang merupakan pelanggan terbaik kami," ujar Yang Hongjun, Manager, yang juga seorang wanita.

Pejuang persamaan gender asal Tiongkok, Mao Tse Tung mengatakan bahwa wanita memegang separuh langit. Namun, kenyataanya, Tiongkok masih saja menerapkan aturan yang sarat diskriminasi gender.

Seperti disarikan Agence France Presse, pada tahun lalu, seorang aparat hukum Beijing menulis pada sebuah mikroblog, membeberkan bahwa pengemudi wanita kurang mengerti arah jalan, sering ragu, serta bimbang untuk mengambil jalan mana yang harus mereka lalui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com