Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Puasa yang Tepat Bisa Turunkan 5 Persen Bobot Tubuh

Kompas.com - 27/07/2014, 02:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Dipelajari dari berbagai sudut pandang, berpuasa memang memiliki banyak kelebihan, salah satunya dari sisi kesehatan. Sebagai pakar gizi, Hardiansyah mengatakan bahwa puasa bermanfaat sebagai proses detoksifikasi tubuh.

"Setiap tahunnya, Anda menyantap banyak makanan yang bisa menjadi racun bagi tubuh. Puasa adalah masa ketika Anda bisa mendetoks semua racun dan juga menginstirahatkan pencernaan Anda," kata Hardiansyah beberapa waktu lalu di Puncak, Bogor.

Tak cuma itu, ia menambahkan, puasa juga akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. "Jika dilakukan dengan cara yang tepat, bobot tubuh akan turun di akhir puasa. Jika bulan puasa sudah berakhir, Anda bisa tahu apakah cara puasa Anda sudah tepat atau belum dari turun-naiknya berat badan," katanya.

Cara puasa yang tepat adalah Anda tidak "balas dendam" saat waktu berbuka puasa. Sebab, tak sedikit orang yang saat berbuka langsung mengonsumsi sejumlah makanan dalam jumlah kalori dan gizi tak terkontrol.


Jika bisa mengontrol jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh setelah berbuka, maka bobot tubuh pun secara alami bakal menurun. Nah, yang perlu diketahui, ketika waktu puasa berakhir, kebutuhan gizi tubuh akan menurun sebanyak 15 persen. Inilah sebabnya, Anda tidak lagi merasa ingin makan terlalu banyak. Namun, karena kalap, akhirnya semua makanan pun ingin disantap, dan perut jadi kekenyangan lalu membuncit.

"Jika puasanya tepat secara jumlah dan gizi, maka berat badan pria akan turun sebanyak 5-10 persen. Sedangkan perempuan bisa turun sebanyak 5 persen atau 2,5 kg dari bobot tubuh awal. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak di tubuh wanita lebih banyak dari pria," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com