Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kenyamanan Diri, Model Asal Serbia Pilih Ganti Kelamin

Kompas.com - 30/07/2014, 21:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Time


KOMPAS.com
- Model asal Serbia, Andreja Pejic, merupakan ikon yang dianggap berhasil memadukan sisi feminin wanita dan maskulin pria, menjadi sebuah gaya androgini yang elegan.

Beberapa waktu lalu, Pejic sempat membuat geger ranah media sosial lewat pengakuan pada akun resminya di Facebook. Secara lugas, Pejic mengakui bahwa dirinya adalah transjender yang telah bertransformasi dari seorang pria menjadi wanita.

"Aku rasa kita semua berkembang saat kita dewasa, dan itu adalah hal yang normal. Namun, aku berpikir, bahwa transisiku ini tidak membuatku menjadi individu yang berbeda. Aku masih orang yang sama, tidak ada perbedaan. Hanya beda jenis kelamin. Aku harap kalian dapat mengerti. Aku juga ingin memberitahu kepada anak muda yang sedang bingung akan jati diri mereka, mengenai apa jender mereka sebenarnya. Aku tahu itu hal yang sulit. Aku pernah melaluinya. Ingatlah bahwa kamu memiliki hak untuk diterima, apapun identitasmu. Kamu berhak mendapatkan rasa hormat sebagai manusia yang tinggal di planet ini. Sebagai perempuan transjender, aku berharap setelah menunjukan transisi semua orang dapat menjadi bahagia dan sukses di babak baru hidupnya, tanpa menepikan masa lalunya".

Pengakuan di atas tersebut, ia unggah beserta foto diri, dengan tujuan memberikan inspirasi pada para kaum transjender muda, agar percaya diri untuk tak putus asa mengejar mimpi, meskipun menghadapi benturan serta kendala berupa penolakan dari beberapa pihak, bahkan keluarga  sendiri.

Pejic menyatakan pada People.com, tanpa mengubah apapun pada tubuhnya, sebenarnya ia sudah cukup sukses sebagai model androgini. Namun begitu, Pejic tetap memutuskan untuk melakukan bedah plastik pergantian alat kelamin pria menjadi wanita. Seperti diakuinya, hal tersebut bukan dikarenakan desakan atau paksaan, melainkan karena ingin nyaman dengan dirinya sendiri.

"Saya bangga dengan karir, dimana jender saya tidak perlu dikonfirmasi. Namun, impian terbesar saya adalah nyaman dengan tubuh saya sendiri. Saya harus jujur pada diri saya sendiri, dan karir akan menyesuaikan hal itu,” ujarnya.

Pada awal karier sebagai seorang model, Pejic memakai nama Andrej, seiring waktu ia pun memutuskan untuk menggantinya dengan nama Andreja. Lebih lanjut, Pejic menolak untuk mendiskusikan hal-hal spesifik mengenai operasi pergantian kelaminnya tersebut.  

Menurutnya, "What's in between anyone's legs is not who they are,” atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti, organ intim atau alat kelamin tak mencerminkan kepribadian seseorang yang sesungguhnya.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com