Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Karyawan yang Suka Berbohong dengan Secangkir Kopi

Kompas.com - 31/07/2014, 08:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Untuk mencegah kantuk dan mengembalikan stamina, banyak orang mengatasinya dengan minum kopi. Ternyata, ada fakta menarik lain dari kopi, yaitu dapat mencegah seseorang untuk berbohong.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Aleksander Ellis dari University of Arizona dan Michael Christian dari University of Norh Carolina, mereka membuktikan bahwa kopi berpotensi untuk melawan tekanan sosial yang dialami oleh karyawan, dan menangkal kemungkinan seseorang untuk bertindak di luar aturan.

Penelitian ini mempelajari hubungan antara efek kurang tidur dan asupan kafein pada 229 responden mahasiswa.

Seluruh responden dibagi menjadi tiga kelompok, satu kelompok diharuskan meminum kopi, kelompok lainnya diminta untuk mengunyah permen karet, sedangkan kelompok terakhir diwajibkan untuk menahan kantuk selama satu malam, tanpa kopi dan permen karet.

Sebelumnya, seluruh kelompok telah lebih dulu dikondisikan tengah menghadapi tugas kuliah yang membutuhkan biaya besar. Lalu, untuk mendapatkan uang lebih banyak, mereka diperbolehkan untuk berbohong kepada orang lain. 

Hasilnya, para responden yang tidak tidur semalaman tanpa kopi, ditemukan lebih banyak berbohong demi mendapatkan uang untuk menyelesaikan tugas kuliah. Kemudian, dari tiga kelompok responden, ternyata mereka yang mengonsumsi kopi diketahui lebih jujur dan patuh pada aturan untuk memenuhi tugas tersebut.

Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa Anda akan bekerja dengan baik jika stamina tubuh dalam kondisi prima dan tidak mengantuk. Selain membuat seseorang lebih sering berbohong, ternyata mengantuk juga dapat membuat Anda cepat lengah, berpotensi menjadi korban kecelakaan di jalan raya, dan juga sering melanggar peraturan dengan berbohong.

Jadi, janganlah mengacuhkan anjuran untuk tidur lelap lebih kurang delapan jam, dan beristirahat dengan maksimal. Nah, jika tidak sempat istirahat, dianjurkan untuk minum kopi secukupnya. Ingat, jangan berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com