Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Pose "Selfie" Telanjang Kaki untuk Tujuan Positif

Kompas.com - 08/08/2014, 12:27 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Daily Mail


KOMPAS.com — Sekarang tren pose selfie terus berevolusi, mulai dari gaya duckface, cavity, bulu ketiak, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri, yang terkadang menggelikan.

Banyak orang berlomba-lomba menciptakan tren pose selfie paling nyentrik, salah satu yang terbaru adalah selfie kaki telanjang. Terinspirasi dari musim panas di daratan Eropa dan Amerika, sejumlah perempuan remaja ramai-ramai mengabadikan kaki mereka secara polos tanpa alas.

Awalnya, tren ini lebih pada ingin memamerkan destinasi liburan. Sekarang, tujuannya bergulir dengan menebarkan pesan positif nan mulia, yakni memberikan semangat dan berempati terhadap mereka yang hidup dalam kemiskinan.

Menurut Charity Shoe Aid, ada 60 juta penduduk dunia yang tidak memiliki sepatu. Ironisnya, sebagian warga dunia lainnya menyia-nyiakan. Di Inggris saja, ada lebih dari dua juta sepatu yang dibuang pemilikinya setiap minggu.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu kesenjangan ini, Shoe Aid mengajak masyarakat untuk mengunggah foto kaki telanjang sebagai bentuk kepedulian. Tak sia-sia, kampanye ini berhasil menarik minat masyarakat Inggris untuk mengunggah foto kaki telanjang mereka ke linimasa Twitter, dengan tagar #barefootselfie.

Charity Shoe Aid dipelopori oleh Lee Todd, yang tersentuh ketika melihat cuplikan Boxing Day Tsunami 2004, yang menunjukkan banyak orang kehilangan harta dan benda-benda pribadi mereka, termasuk kebutuhan dasar seperti sepatu dan sandal.

Lee memulai kampanye dengan mengirimkan sepatu bekas ke tempat orang-orang yang membutuhkan. Sejauh ini, mereka sudah mengirimkan lebih dari 30.000 pasang sepatu ke Afrika dengan bantuan dari The National Police Aid Convoy.

Seiring waktu, melihat animo masyarakat terhadap kampanye sosial ini, sejumlah selebriti pun tergerak untuk memberikan dukungan. Bryn Lucas dan Connie Fisher berbagi selfie kaki telanjang mereka saat berada di dalam air.

Tak hanya selebriti, aksi ini juga diikuti oleh mereka yang berasal dari berbagai bidang profesi lain, misalnya wartawan dan reporter, seperti Toby Hewson, Julie Peasgood, wartawan Inggris Kate Russell, Emma Jesson, dan Mary Ann Sieghart.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com