Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2014, 14:58 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Manis, asam, asin, dan pahit adalah varian rasa yang paling umum dirasakan oleh lidah. Apakah Anda pernah mendengar istilah umami?  Ternyata ada satu lagi rasa yang bisa dicecap lidah, yang kita kenal dengan rasa gurih atau umami.

Rasa gurih ini, umumnya didapatkan dari tambahan monosodium glutamat (MSG) ke dalam masakan, untuk meningkatkan nafsu makan. Namun, menurut studi terbaru yang dimuat dalam American Journal of Nutrition, umami dalam MSG juga bisa mengenyangkan, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit dan bisa membantu program diet.

Penelitian ini dilakukan terhadap 26 peserta, mereka diberikan dua cangkir sup rendah kalori atau tinggi kalori, karbohidrat tinggi, dan tinggi protein. Peserta dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok pertama, mereka harus menghabiskan sup yang mengandung MSG dan enzim. Lalu, kelompok kedua, diharuskan menyantap sup tanpa enzim.  

Semua sup dikonsumsi setelah sarapan dan sebelum makan siang, selama empat hari berturut-turut. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa kelompok responden yang mengonsumsi makanan dengan tambahan MSG dan enzim, makan lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak menggunakan MSG-enzim.

Namun dalam perkembangannya, penggunaan MSG yang berlebihan dalam masakan berisiko tinggi terhadap kesehatan.  

Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan apakah rasa gurih bisa menurunkan berat badan, atau tidak. Lebih dari itu, ditemukan pula bahwa selain dari MSG, rasa gurih atau umami juga bisa didapatkan dari berbagai macam sayuran. Beberapa di antaranya,  kaldu, kerang, udang, kecap ikan, kecap asin, rumput laut, tomat, bawang putih, keju, santan, jamur, dan terasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com