Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahulu Mereka Bukan Siapa-siapa, Sekarang Terkenal dan Kaya Raya

Kompas.com - 10/08/2014, 12:00 WIB
Kontributor Female, Dewi Wulandari Wijaya

Penulis

KOMPAS.com - Ada seorang bijak pernah mengatakan bahwa kesuksesan yang bertahan dan konsisten berasal dari kerja keras dan sejumlah kegagalan. Teori tersebut dengan telak dibuktikan oleh beberapa nama pesohor di dunia mode berikut ini:

Christian Louboutin
Sebelum sukses menjadi perancang sepatu ikonik bersol  merah dengan aset milyaran dolar AS, pria parlente kelahiran Paris ini adalah seorang tukang kebun lepasan yang bekerja dari satu rumah ke rumah lainnya.

Leighton Denny
Pecinta mode pasti mengenal produk perawatan kuku kreasi Denny. Bagaimana tidak, karyanya di ranah kecantikan telah tersebar di lebih kurang 800 salon kuku terkemuka dunia. Dirinya berhasil menggaet nama-nama besar di blantika mode dan hiburan untuk menjadi pelanggan setia. Beberapa di antaranya adalah Kate Moss dan Penelope Cruz. Namun, siapa sangka bahwa masa lalu Denny penuh perjuangan dan kerja keras. Berbagai pekerjaan berat pernah ia lakoni, salah satunya adalah menjadi supir truk di Inggris.

Segala jerih payahnya tersebut, tak berakhir sia-sia, selain berhasil mendulang keuntungan besar,  Denny juga dianugerahi Member of The Order of British Empire (MBE) oleh Ratu Inggris untuk jasa dan kontribusinya di dunia fashion dan kecantikan.

Vivenne Westwood
Pada tahun 1962, saat usianya menginjak 21 tahun, Westwood memulai karier sebagai seorang guru sekolah dasar di Willesden, London. Seiring waktu, tepatnya tahun 1971, Westwood bertemu kawan lamanya, Malcolm McLaren, yang saat itu tengah dalam proses membuka sebuah butik. Sadar akan minatnya terhadap dunia mode, Westwood pun memberanikan diri untuk bekerjasama dengan McLaren. Keputusan nekatnya ini tak berakhir sia-sia. Sebab, keunikan gaya rancang Westwood yang kental dengan sentuhan punk, berhasil melambungkan namanya di jagat mode internasional hingga sekarang.

Tom Ford
Di balik wajah tampan Ford tersimpan sebuah periode masa silam di mana dirinya pernah berjuang dari satu kasting ke kasting lainnya, untuk menjadi seorang aktor ternama. Kendati sempat membintangi banyak iklan televisi, tetapi karier yang diimpikannya tak kunjung datang. Sadar waktu tak akan menunggu, Ford pun banting setir untuk menggali bakat lain dalam dirinya, yaitu fashion. Tanpa menunggu lama, ia segera mendaftarkan diri di salah satu sekolah mode.

Kini, seluruh daya upayanya di masa lalu, berulang-ulang terbayarkan dengan seri kesuksesan sebagai salah satu perancang busana yang disegani. Salah satu yang prestasi bersejarah Ford adalah berhasil mengembalikan kejayaan rumah mode Gucci yang telah bertahun-tahun terlilit utang dalam jumlah besar.

Natalia Vodianova
Model cantik asal Moskow ini dikenal sebagai figur representatif rumah mode Gucci. Wajahnya yang berkarakter menjadi rebutan banyak merek fashion untuk dijadikan model komersial terbaru mereka. Namun, sebelum menikmati kesuksesannya yang mendunia seperti sekarang, Vodianova adalah seorang penjual buah di Rusia.

Giorgio Armani
Sebelum dikenal dengan rangkaian koleksi adibusana bernilai ratusan juta, Armani muda pernah mengenyam pendidikan di University of Milan, jurusan kedokteran. Namun, beberapa tahun lalu, di tengah masa kuliah, Armani memutuskan bergabung dengan angkatan darat Italia, untuk kemudian ditugaskan di rumah sakit Verona.

Marian Newman
Sudah lebih dari 20 tahun Marian menciptakan trend kuku lewat barisan koleksi kuku palsu dan produk perawatan kuku yang sudah populer di seluruh dunia. Namun, siapa yang mengira kalau sang ahli manicure ini pernah bekerja sebagai seorang tenaga forensik.  

Agyness Deyn
Deyn tersohor dengan gaya busananya yang nyeleneh dan nyentrik. Keunikannya ini berhasil mengangkat namanya ke jajaran top model dunia. Nah, sebelum populer dan bergelimang harta, ternyata Deyn sempat bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran selama beberapa tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com