Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2014, 19:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com — Terlalu sering makan sendirian ternyata bisa membuat bobot tubuh meningkat dan menyebabkan obesitas. Sebenarnya, apa yang menyebabkan makanan sendirian kurang menguntungkan ukuran lingkar pinggang wanita?

Sebuah laporan terbaru dari NPD Group menemukan bahwa ternyata 55 persen masyarakat masa kini selalu menyantap makanan atau camilannya seorang diri, terutama kala sarapan dan makan siang. Sementara 32 persen lainnya selalu makan malam sendirian.

1. Makanan tak sehat
"Ketika makan sendirian, Anda cenderung tidak memperhatikan kandungan nutrisi makanan. Lebih dari itu, biasanya malas mengonsumsi makanan sehat," kata Leslie Heinberg, Director of Behavioral Services di Bariatric and Metabolic Institute, Cleveland Clinic Foundation.

Umumnya, saat makan seorang diri, orang lebih memilih menyantap makanan siap saji atau pesan antar. Kondisi yang demikian membuat Anda lebih rentan menyantap makanan berkalori tinggi, kurang serat, berminyak, bahkan berkolesterol.

2. Makan sambil nonton televisi
Makan di depan televisi membuat Anda menyantap dengan porsi yang lebih banyak. Pasalnya, saat melakukan dua aktivitas, otak kurang tanggap dalam memberikan sinyal kenyang dari lambung. Akibatnya, Anda akan makan lebih banyak.

3. Melahap semua makanan
Makan sendirian membuat Anda tak bisa berbagi hidangan dengan orang lain. Alhasil, Anda pun harus menghabiskan semua sajian tanpa sisa.

4. Tak ada teman ngobrol
Heinberg berkata, makan dengan orang lain sembari diselingi mengobrol memberikan waktu pada otak untuk menerima sinyal kenyang dari lambung. Anda akan tahu kapan saat berhenti makan. Namun, saat makan sendiri, Anda tak punya teman bicara. Akibatnya, otak tak punya waktu jeda untuk menerima sinyal kenyang. Selain itu, makan sendiri juga membuat Anda makan lebih cepat dan banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com